7 Keterampilan Hidup yang Penting untuk Diajarkan Pada Siswa

pic by: canva.com

Meskipun sebagian besar siswa anda berfokus pada bidang akademis di kelas, ada banyak keterampilan hidup bermanfaat yang dapat anda masukkan ke dalam rencana pembelajaran dan di kelas anda. Ini adalah keterampilan yang harus dimiliki semua siswa yang akan membantu mereka hingga dewasa.

Keterampilan hidup yang penting ini juga bagus ketika mempertimbangkan untuk menambah ketelitian dalam pelajaran anda, dan juga bagus untuk observasi profesional. Anda akan mendapatkan “poin pembeda” meskipun ini adalah tahun pertama anda mengajar!

7 Kecakapan Hidup Penting untuk Diajarkan kepada Siswa Anda

1. Mengajukan Pertanyaan.

Anda mungkin berpikir ini adalah jenis pengetahuan tingkat 1 tetapi mengajukan pertanyaan akan mengarah pada pemikiran yang lebih besar. Mengajukan pertanyaan kepada anda, rekan-rekan mereka, staf di gedung, keluarga mereka…membuat siswa berbicara dan akan membuat perbedaan besar dalam kehidupan mereka. Hal ini terutama terjadi di dunia media sosial dan era digital. Siswa dapat belajar bereksplorasi dengan mengajukan pertanyaan, yang terpenting sendiri tanpa disuruh.

2. Kemampuan Memecahkan Masalah.

Meminta siswa mencari cara untuk sukses di sekolah, membentuk tim, mencalonkan diri untuk tugas kelas, ini adalah tantangan umum yang dihadapi siswa. Ketika mereka menjadi dewasa, mencari tahu bagaimana menjadi sukses dalam menjalani pekerjaan baru atau perubahan gaya hidup baru menjadi lebih mudah setelah mereka memiliki kemampuan untuk berusaha mencari solusi sendiri.

3. Menemukan Gairah.

Mulailah mengajak siswa menemukan passionnya sejak dini. Menggunakan diferensiasi dapat membantu siswa menyukai sains yang tidak pernah berpikir mereka akan menyukainya dalam sejuta tahun pun. Sebagai guru, kami ingin fokus melatih siswa untuk keluar dan menemukan hal-hal yang menggairahkan dan memotivasi mereka.

4. Kemerdekaan.

Memberi siswa lebih banyak kemandirian di kelas mungkin merupakan tantangan bagi kami, para guru. Siswa perlu dibina agar semakin mandiri seiring bertambahnya usia. Berusahalah  untuk meningkatkan kemandirian siswa Anda sedikit demi sedikit, di mana mereka fokus untuk mengetahui apa yang baik bagi keberhasilan mereka dalam hal penyelesaian tugas dan bahkan penilaian.

5. Merasa puas saat sendirian.

Menemukan kemampuan siswa untuk berpikir mendalam dengan membantu fokus pada kesendirian dengan pikiran mereka adalah hal yang ampuh. Ini akan membantu siswa membuat hidup mereka lebih mudah dengan lebih sedikit godaan yang merusak, dan keterampilan yang penting untuk dimiliki.

6. Kasih sayang.

Berfokus dalam mengajar siswa untuk berbelas kasih adalah salah satu anugerah terbesar yang dapat mereka pelajari sejak usia dini dan akan menjadi norma seiring berjalannya waktu.

7. Menghadapi perubahan.

Membantu siswa anda belajar menghadapi keterampilan hidup ini membutuhkan latihan karena ketika perubahan tak terduga terjadi, hal itu akan menyatukan ruang kelas anda.

Populer video

Berita lainnya