Bagaimana Kolesterol Tinggi Didiagnosis Secara Medis?

pic by: canva.com

Karena kolesterol tinggi biasanya tidak memiliki tanda atau gejala, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah anda mengidapnya adalah dengan melakukan tes darah sederhana yang disebut profil lipid, atau panel lipid. Tes darah ini mungkin mengharuskan anda berpuasa (tidak makan atau minum) selama 8 hingga 12 jam sebelum darah anda diambil.

Dari sampel darah ini, dokter Anda dapat mengukur kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan trigliserida anda, yang pada tingkat tinggi dapat dikombinasikan dengan HDL rendah atau LDL tinggi sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Panel lipid juga dapat memberi tahu anda total kolesterol anda, yang didasarkan pada ketiga komponen tersebut.

Kadar yang diinginkan untuk setiap komponen untuk orang dewasa adalah sebagai berikut:

Kolesterol LDL kurang dari 100 miligram per desiliter (mg/dL)

Kolesterol HDL yang lebih besar atau sama dengan 60 mg/dL

Trigliserida kurang dari 150 mg/dL

Kolesterol total kurang dari 200 mg/dL

Namun, semakin banyak ahli jantung yang kurang fokus pada angka-angka tertentu dan lebih fokus pada risiko penyakit jantung secara keseluruhan, menurut Peter Schulman, MD, ahli jantung dan profesor kedokteran di UConn Health di Farmington, Connecticut. Usia dan kesehatan anda secara keseluruhan dapat membantu anda menentukan apakah anda harus berkonsultasi dengan dokter tentang cara meningkatkan kadar kolesterol anda jika tidak berada dalam kisaran yang diinginkan.

Durasi Kolesterol Tinggi

Meskipun seseorang dapat memiliki kolesterol tinggi selama bertahun-tahun, pengobatan dan perubahan gaya hidup dapat menurunkan kadar kolesterol ke tingkat yang diinginkan dalam beberapa bulan, dan beberapa penelitian menemukan bahwa kadar kolesterol dapat membaik hanya dalam waktu empat minggu dengan pola makan nabati.

Dalam meta-analisis terhadap 49 penelitian tentang pengaruh intervensi pola makan nabati yang berlangsung kurang dari empat minggu, para peneliti menemukan bahwa pola makan nabati berkorelasi dengan penurunan kolesterol LDL dan kolesterol total.

Pilihan Perawatan dan Pengobatan untuk Kolesterol Tinggi

Meskipun memiliki angka kolesterol tinggi dapat berkontribusi terhadap risiko jangka panjang serangan jantung dan stroke, anda dapat menurunkan kolesterol melalui perubahan kebiasaan gaya hidup, termasuk menerapkan pola makan yang menyehatkan jantung, meningkatkan tingkat aktivitas fisik, dan berhenti merokok. Perubahan gaya hidup jangka panjang ini juga dapat mencegah perubahan kadar kolesterol anda.

Populer video

Berita lainnya