8 Titik Tekanan pada Tangan dan Cara Melakukan Akupresur

pic by: canva.com

Jika anda pernah melihat grafik pijat refleksi tangan. Anda tahu bahwa ada banyak titik tekanan yang berbeda di tangan kanan dan kiri kita, dan memberikan tekanan pada titik tersebut dapat membantu meringankan penyakit umum seperti sakit kepala migrain, nyeri, dan mual. Namun apakah aman, di mana setiap titik tekanan berada, dan berapa banyak tekanan yang harus anda berikan? Posting ini memiliki semua yang perlu anda ketahui!

1. Jantung

Titik tekanan jantung  dapat ditemukan di lipatan pergelangan tangan anda, sejajar dengan jarak antara kelingking dan jari manis Anda. Ada tulang tepat di sebelah titik tekanan ini. Memberikan tekanan lembut pada titik ini dipercaya dapat melindungi dari kecemasan, mudah tersinggung, susah tidur, jantung berdebar-debar, dan depresi. Itu juga diyakini membantu mengatur tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, dan meningkatkan tingkat energi secara keseluruhan.

2. Meridian Paru-paru

Dalam TCM, meridian paru merupakan komponen penting dari sistem energi tubuh. Ini mengatur aliran qi ke seluruh tubuh dan sangat penting dalam menjaga sistem pernapasan dan kekebalan tubuh, serta kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan. Meridian paru-paru berisi beberapa titik tekanan dari ujung ibu jari hingga tepat di bawah lipatan pergelangan tangan. Merangsang titik-titik ini akan meningkatkan aliran qi, menyeimbangkan energi tubuh, dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran.

3. Lengan Bagian Bawah

Titik gerbang dalam terletak di lengan bawah bagian dalam, kira-kira selebar dua jari di atas lipatan pergelangan tangan. Ini adalah salah satu titik tekanan yang paling umum digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi. Penyakit ini secara langsung mempengaruhi jantung dan fungsinya, serta sistem pencernaan dan kekebalan tubuh. Ini juga berguna untuk mual dan sakit perut.

4. Belakang Lengan

Titik gerbang luar dapat ditemukan di antara dua tendon di bagian belakang lengan. Letaknya selebar dua jari dari lipatan pergelangan tangan. Merangsang titik ini akan membantu mengatasi sakit kepala dan migrain, serta nyeri dan kekakuan leher. Ahli pijat refleksi juga percaya bahwa memberikan tekanan pada bagian tangan ini dapat memberikan aliran energi.

5. Titik Lembah Tangan

Titik lembah tangan dapat ditemukan di antara jari telunjuk dan ibu jari. Ahli pijat refleksi mengklaim bahwa memberikan tekanan kuat pada titik lembah tangan dapat mengurangi stres dan ketegangan, menghentikan migrain, serta mengurangi nyeri pada bahu, gigi, dan leher. Ini juga merupakan titik populer untuk memberikan tekanan agar tidur malam lebih nyenyak. Saat memberikan tekanan pada titik ini, penting untuk menggunakan kekuatan sedang dan menahan tekanan selama dua hingga tiga menit.

6. Titik Tekanan Pada Lengan Bawah

Jika Anda berjuang melawan mabuk perjalanan dan mual, titik tekanan pada lengan bawah adalah pilihan yang tepat. Letaknya selebar tiga jari dari pergelangan tangan, di tengah lengan bawah. Titik tekanan ini juga bermanfaat untuk meredakan kecemasan dan insomnia.

7. Pangkal Ibu Jari

Untuk menemukan titik tekanan ini, ikuti ibu jari anda hingga ke pergelangan tangan dan berikan tekanan lembut. Titik akupresur ini membantu meningkatkan fungsi pernapasan dan meringankan masalah pernapasan. Ini merangsang meridian paru-paru, yang mengatur sistem pernapasan dan dapat membantu meningkatkan aliran qi ke seluruh tubuh. Hal ini dapat mengurangi gejala asma, bronkitis, dan masalah pernafasan lainnya. Pangkal titik jempol juga diketahui dapat meredakan sakit kepala, rasa cemas, dan stres.

8. Usus Halus

Titik tekanan usus kecil terdapat di sisi kedua tangan tepat di bawah jari kelingking dan tepat di atas lipatan besar pertama tangan. Memberikan tekanan yang lembut namun tegas pada titik ini dapat meredakan nyeri dan ketidaknyamanan, termasuk sakit kepala, sakit telinga, nyeri leher, dan nyeri punggung bagian atas.

Populer video

Berita lainnya