6 Pengobatan Rumahan yang Menenangkan untuk Jerawat

pic by: canva.com

Makanan seperti madu, mentimun, dan anggur dapat membantu melengkapi pengobatan jerawat dari dokter kulit. Jika Anda ingin meredakan kemerahan dan peradangan akibat jerawat, solusinya mungkin ada di lemari dapur atau lemari es anda.

Jerawat bisa membandel dan tampaknya muncul pada saat-saat terburuk. Kabar baiknya adalah obat-obatan yang dijual bebas dan diresepkan dapat menghilangkan jerawat dan membantu menghentikan munculnya jerawat baru. Kabar buruknya adalah beberapa produk jerawat dapat menyebabkan efek samping seperti kemerahan, perubahan warna, atau kekeringan. Oleh karena itu, sebagian orang lebih memilih meredakan jerawat di rumah dengan solusi alami.

Anda dapat mencampurkan makanan dan bahan-bahan umum, seperti mentimun, oatmeal, anggur, dan ragi, ke dalam masker wajah untuk perawatan jerawat. Perawatan wajah buatan sendiri dapat membantu menenangkan atau meredakan jerawat, serta menjaga kulit anda tetap bersinar, lembap, dan sehat.

1. Pembersih Anggur

Anggur adalah camilan yang menyegarkan, baik dimakan biasa sebagai camilan, dibelah dua sebagai topping salad, atau dibekukan sebagai makanan penutup yang sehat. Namun anggur mungkin tidak terlintas dalam pikiran anda saat memikirkan perawatan jerawat.

Jadi ambillah beberapa buah anggur segar dari lemari es anda, dan anda akan mendapatkan pembersih wajah yang mudah. Potong dua atau tiga buah anggur menjadi dua dan gosokkan dagingnya ke seluruh wajah dan leher anda, kata Fran E. Cook-Bolden, MD, seorang dokter kulit di New York City. Dibilas  air dingin.

2. Masker Wajah Mentimun

Jika anda pernah ke spa, kemungkinan besar mereka menaruh irisan mentimun di mata anda untuk mengurangi bengkak. “Mentimun memiliki manfaat menenangkan dan menghidrasi kulit, jadi jika kulit anda meradang karena jerawat, mentimun mungkin menawarkan manfaat menenangkan yang sederhana,” catat Zeichner.

3. Masker Madu Sederhana

Madu memiliki banyak khasiat penyembuhan. Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa sifat antibakteri madu juga dapat mempercepat penyembuhan luka bakar dan infeksi luka serta menghambat pertumbuhan jerawat.

4. Masker Yogurt untuk Kulit Berminyak

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, sebuah artikel ulasan menunjukkan bahwa produk susu fermentasi seperti yogurt dapat meningkatkan kesehatan kulit. Yogurt juga merupakan probiotik, yang telah terbukti menghambat jerawat.

5. Perawatan Wajah dengan Oatmeal

Sifat anti-inflamasi oatmeal secara alami menenangkan dan dapat meredakan iritasi yang disebabkan oleh kondisi dermatologis seperti ruam, eritema, luka bakar, gatal, dan eksim, menurut penelitian.

6. Masker Wajah Kunyit

Untuk kulit cantik, pengantin wanita di India secara tradisional menggunakan masker kunyit sebelum pernikahan mereka, kata Cook-Bolden. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan pada rempah-rempah, serta kemampuannya untuk secara signifikan memperbaiki keparahan kondisi kulit seperti jerawat, alopecia, dermatitis atopik, lichen planus oral, pruritus, dan psoriasis, menurut penelitian.

Populer video

Berita lainnya