Drama Adu Penalti, Australia Taklukkan Thailand untuk Juara Piala AFF U-16 2024

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pict by Instagram

Australia berhasil meraih gelar juara Piala AFF U-16 2024 setelah mengalahkan Thailand melalui drama adu penalti dengan skor 8-7 (1-1) pada pertandingan final di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7) malam WIB. Pertandingan ini penuh dengan ketegangan dan drama yang membuat para penonton terpukau.

Pertandingan baru berjalan 10 menit ketika Australia mendapatkan hadiah penalti. Penalti diberikan karena pemain Thailand dianggap melakukan handball saat berebut bola udara. Namun, keputusan ini dianulir oleh wasit setelah melihat rekaman VAR yang menunjukkan bahwa bola lebih dulu mengenai kepala pemain Thailand sebelum mengenai lengannya.

Thailand, yang tampil dominan, berhasil membuka keunggulan pada menit ke-33 melalui gol Poramet Laoongdi. Memanfaatkan kesalahan Malual Nichola yang terpeleset saat menguasai bola di area pertahanan, Poramet dengan tenang membobol gawang Australia dan mengubah skor menjadi 1-0.

Thailand hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-43 ketika Natthakit Phosri melepaskan tembakan yang mengarah ke gawang. Namun, kiper Australia, Jai Ajanovic, berhasil melakukan penyelamatan gemilang.

Australia, yang terus berada di bawah tekanan, akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada masa injury time babak kedua. Tembakan first-time dari Quinn MacNicol dari luar kotak penalti berhasil mengarah ke sudut gawang yang dijaga oleh Supakorn Poonphon, mengubah skor menjadi 1-1 dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada awal babak kedua, Australia nyaris membalikkan keadaan melalui tendangan bebas Amlani Tatu. Namun, tendangan tersebut tidak berhasil masuk ke gawang karena bola membentur mistar.

Peluang lain didapatkan Australia pada menit ke-56 melalui Anthony Didulica. Namun, sontekannya dari dalam kotak penalti masih terlalu lemah dan mudah diamankan oleh kiper Thailand, Supakorn.

Didulica akhirnya berhasil mencetak gol pada menit ke-76 melalui sundulan yang memanfaatkan bola liar di kotak penalti. Namun, gol tersebut dianulir setelah wasit menilai melalui VAR bahwa Didulica melakukan handball sebelum mencetak gol.

Thailand mendapatkan peluang emas untuk memenangkan pertandingan pada menit ke-88 melalui tendangan Natthakit dari dalam kotak penalti yang diarahkan ke tiang jauh. Namun, usaha tersebut berhasil dihalau oleh pemain belakang Australia.

Kedua tim gagal mencetak gol penentu kemenangan hingga akhir pertandingan, sehingga pemenang harus ditentukan melalui adu penalti. Dalam adu penalti yang menegangkan, Australia akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 8-7, mengukuhkan mereka sebagai juara Piala AFF U-16 2024.