Pelajaran Hidup Lebih Baik dari Tiga Negara Paling Bahagia di Dunia

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: canva.com

Pelajaran tentang kebahagiaan dari negara-negara paling bahagia. Setiap tahun, Laporan Kebahagiaan Dunia diterbitkan, yang memberi peringkat negara-negara berdasarkan tingkat kebahagiaannya. Jelas sekali, mereka melakukan sesuatu dengan benar. Dan jika kita belajar sesuatu tentang kehidupan, kita tidak harus memikirkan semua jawabannya sendiri.

Kita bisa belajar dari orang yang sudah mengetahui jawabannya. Itulah sebabnya kita perlu meluangkan waktu untuk mencoba mencari tahu apa yang dilakukan negara-negara ini secara berbeda. Meskipun ada beberapa faktor yang menyebabkan kebahagiaan mereka, kita mencoba fokus pada satu hal yang dapat diambil dari masing-masing negara untuk diterapkan dalam kehidupan saya.

Berikut 3 pelajaran hidup lebih baik dari tiga negara paling bahagia di dunia:

1. Finlandia

Finlandia menduduki peringkat negara paling bahagia di dunia selama tiga tahun berturut-turut. Untuk mengetahui rahasia kebahagiaan mereka, Rachel Hosie, jurnalis The Insider, menghentikan 10 orang di jalan dan bertanya kepada mereka apa yang membuat masyarakat Finlandia bahagia. Salah satu dari orang-orang tersebut – Kimmo – berkata, “Kami tidak memiliki perbedaan pendapatan yang begitu besar.” Meskipun fakta ini berlaku di sebagian besar negara Nordik, hal ini tidak berlaku di tingkat global. Orang-orang di Finlandia memiliki keseimbangan kehidupan kerja dan kehidupan yang lebih sehat dibandingkan kebanyakan orang di dunia.

2. Denmark

Sebagian besar dari kita tidak asing dengan konsep Hygge yang digunakan orang Denmark untuk meningkatkan kebahagiaan mereka. Hygge adalah kualitas kenyamanan dan keramahtamahan yang menimbulkan perasaan puas atau sejahtera. Orang Denmark telah menguasai seni untuk mengekstraknya dari hal-hal biasa. Inilah sebabnya, daripada mengabaikan hal-hal biasa, kita semua harus belajar dari Denmark untuk memanfaatkan setiap kebahagiaan yang bisa kita peroleh dari hal-hal sederhana dalam hidup.

3. Islandia

Fakta menarik: Islandia adalah negara yang sangat damai sehingga seseorang dapat berjalan ke rumah Presiden, mengetuk pintunya, dan menemuinya. Tidak ada keamanan yang ketat karena tingkat kejahatan sangat rendah sehingga mereka tidak memerlukan keamanan yang ketat. Islandia adalah negara di mana satu dari sepuluh orang akan menerbitkan buku seumur hidup mereka. Satu dari sepuluh?! Itu gila. Angka tersebut mengesankan karena upaya kreatif sering kali terhambat dalam upaya kita menjalani kehidupan nyata. Dan fakta bahwa begitu banyak orang di Islandia yang menulis menunjukkan bahwa orang yang tidak menulis mungkin terlibat dalam upaya kreatif lainnya. Dapat diasumsikan bahwa di Islandia, kreativitas tidak terganggu. Kreativitas harus menjadi norma.

Kita perlu memahami bahwa pekerjaan hanyalah bagian dari kehidupan. Pekerjaan bukanlah kehidupan. Karena semua orang ingin memenangkan perlombaan, kami bekerja lebih keras dan lebih keras lagi dengan mengorbankan kebahagiaan kami. Namun seperti yang ditunjukkan oleh orang-orang Finlandia, kita akan jauh lebih bahagia jika kita keluar dari persaingan yang ketat, menerapkan keseimbangan kehidupan kerja dan kehidupan yang lebih sehat, dan fokus untuk hidup bahagia.

Mungkin saja kita berusaha terlalu keras untuk menemukan kebahagiaan. Namun, seperti yang ditunjukkan oleh orang Denmark melalui konsep Hygge, kita harus belajar memanfaatkan kebahagiaan dari hal-hal yang paling biasa. Hidup memiliki begitu banyak hal untuk ditawarkan. Dan membatasi diri kita hanya pada beberapa aspek kehidupan berarti menyangkal diri kita sendiri dari kehidupan yang kaya. Manusia adalah makhluk kreatif. Namun masyarakat telah menekan kreativitas individu sampai pada titik di mana banyak dari kita sudah lama tidak melakukan sesuatu yang benar-benar kreatif. Namun menjadi kreatif berarti menjadi manusia, itulah sebabnya kita harus menemukan upaya kreatif dan terlibat dengannya setiap hari.