Salat Idul Adha 1445 H oleh Jemaah MTA Lebih Awal Sehari dari Jadwal Pemerintah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pict by Pinterest

Jemaah Majlis Tafsir Al Qur’an (MTA) akan melaksanakan salat Idul Adha 1445 H pada Minggu, 16 Juni 2024. Pelaksanaan ini dilakukan sehari lebih awal dari jadwal yang ditetapkan oleh pemerintah dan PP Muhammadiyah. Jemaah MTA di wilayah Solo Raya akan berkumpul untuk melaksanakan salat Idul Adha di Lapangan Parkir Stadion Manahan Solo, mulai pukul 06.00 WIB.

Sugeng BW, Pimpinan MTA Cabang 7 Sukoharjo, menjelaskan bahwa seluruh jemaah MTA Solo Raya akan digabung menjadi satu di Kota Solo, tepatnya di area parkir Stadion Manahan. “MTA Solo Raya nanti digabung menjadi satu di Kota Solo yang akan dilaksanakan di parkiran Stadion Manahan,” ungkapnya pada Jumat, 14 Juni 2024.

Perbedaan waktu pelaksanaan dengan pemerintah ini, menurut Sugeng, didasarkan pada waktu wukuf di Arafah. “Besok wukuf di Arafah, jadi kami salat Id Minggu,” jelasnya.

Tidak hanya di Solo, MTA Perwakilan Kabupaten Magelang juga akan melaksanakan salat Idul Adha pada Minggu, 16 Juni 2024. Salat Ied di Magelang akan dilaksanakan di halaman kantor MTA Perwakilan Kabupaten Magelang yang terletak di Dusun Jurusawah, Desa Menoreh, Kecamatan Salaman.

Ketua MTA Perwakilan Kabupaten Magelang, Fatkhul Amin, menyampaikan bahwa keputusan untuk melaksanakan salat lebih awal sehari dari jadwal pemerintah ini berdasarkan instruksi dari MTA pusat yang berada di Solo. Salat Idul Adha di Magelang akan dimulai pukul 06.15 WIB, dengan Fatkhul Amin bertindak sebagai imam dan khatib. “Insya Allah, dari semua cabang akan hadir. Cabang Kecamatan Sawangan, Grabag, Secang, Windusari, Muntilan, Salam 1, dan Salam 2,” ujarnya dalam keterangannya pada Jumat.

Fatkhul memperkirakan sekitar 150-200 orang akan mengikuti salat Idul Adha 2024 di Magelang. Dia juga menambahkan bahwa ini adalah kali pertama kegiatan tersebut diadakan di lokasi ini, sehingga tempat yang dipilih adalah halaman kantor.

Setelah salat, kegiatan akan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban. Jika pemotongan tidak selesai pada hari pertama, maka akan dilanjutkan pada Senin, 17 Juni 2024. “Sementara ini, kurang lebih ada 10 ekor sapi dan tiga ekor kambing,” tambahnya.

Dengan demikian, pelaksanaan salat Idul Adha oleh Jemaah MTA di Solo Raya dan Magelang menunjukkan komitmen mereka dalam mengikuti petunjuk dari pusat, sekaligus memastikan bahwa pelaksanaan ibadah tetap berjalan dengan tertib dan lancar.

Populer video

Berita lainnya