7 Hal yang Harus Dikatakan Orang Dewasa pada Anak agar Mereka Kuat dan Berdaya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: stock.adobe.com

Sangat mudah untuk melihat jalan yang harus diikuti anak-anak kita. Bagaimanapun, kita pernah berada di sana, melakukan kesalahan, dan memperoleh kebijaksanaan. Jadi mengapa mereka tidak ingin dari pengalaman kita yang menunjukkan jalannya? Banyak dari kita menjadi orang tua dengan cara kita dibesarkan.

Ibu dan Ayah mungkin menang dan merasa dibenarkan, namun secara pribadi merasa sedih karena anak yang tidak bahagia. Anak merasa marah, tidak didengarkan, dan tidak berdaya. Kutipan ini dari psikolog klinis, penulis, dan pembicara Dr. Shefali Tsabary: “Kita bertanggung jawab atas anak-anak kita, tetapi tidak mengendalikan mereka” Bagaimana kita menyeimbangkannya dengan menginginkan yang terbaik untuk anak-anak kita dan mengetahui pengalaman hidup kita dapatkah membantu mereka dalam perjalanannya?

Bagaimana kita mengajari  untuk memberdayakannya. Dimulai dengan mengajukan pertanyaan kepada anak, mendengarkan, hadir, dan menciptakan ruang aman bagi mereka. Ini tentang berhubungan dengan mereka sedemikian rupa sehingga mereka tahu bahwa mereka memiliki kekuatan untuk melebarkan sayap dan terbang.

Inilah 7 hal yang dikatakan yang membantu memberdayakan anak:

1. Apa pendapat kamu?

Ini adalah cara yang bagus untuk mengajak mereka keluar dan mengobrol. Sangat penting untuk tetap berada di posisi yang benar-benar memberi mereka ruang yang aman untuk berbagi, karena jika Anda maju terlalu banyak atau terlalu cepat, mereka akan mundur dan percakapan akan berakhir. Mereka harus benar-benar merasa aman dalam meruntuhkan pertahanannya dan kepercayaan yang dibangun luar biasa kuatnya.

2. Bagaimana rencana kamu untuk mengatasinya?

Saya akui, pertama kali saya menanyakan pertanyaan ini kepadanya, terasa agak menakutkan bagi kami berdua. Saya mengambil lompatan keyakinan dengan tidak “menyuruh” dia apa yang harus dilakukan, dan tiba-tiba, dia mempunyai kesempatan untuk memilih daripada hanya memberontak. Saya hampir bisa melihat roda berputar saat dia menemukan jawabannya. Pertanyaannya menjadi lebih mudah dan cepat bagi kami berdua.

3. Sudahkah kamu mempertimbangkan pilihan kamu?

Kadang-kadang, meskipun mereka tahu apa pilihannya, hal ini memberi mereka kesempatan untuk memiliki landasan untuk mengeksplorasi pilihan tersebut.

4. Apakah kamu ingin membicarakannya?

Anda memberi mereka kesempatan untuk berbicara karena mereka menginginkannya, dan Anda menyerahkan pilihan ke tangan mereka. Bersiaplah untuk jawaban “Tidak” dan ketahuilah bahwa itu tidak masalah. Jika mereka tidak ingin bicara sekarang, biarkan saja. Mereka akan mendatangi Anda ketika mereka sudah siap,

5. Saya sangat bangga kamu berhasil melewati ini.

Setiap anak, berapapun usianya, ingin tahu bahwa orang tuanya bangga padanya. Hal ini meningkatkan kepercayaan diri dan memperkuat keterampilan baru dalam menyelesaikan masalah sendiri, serta membuat pilihan yang bijaksana.

6. Bagaimana rasanya?

Ini adalah tindak lanjut dari sesuatu yang mereka bagikan. Ini melanjutkan percakapan dan memberi tahu mereka bahwa Anda tertarik dengan apa yang mereka katakan dan bagikan. Benar-benar terlibat dengan anak-anak Anda membuat mereka kuat, mandiri, dan siap menghadapi kehidupan.

7. Saya di sini jika kamu membutuhkan saya

Beberapa anak benar-benar ingin memikirkan semuanya sendiri. Namun mengetahui bahwa mereka memiliki anda yang akan membimbing mereka ketika mereka siap adalah hadiah terbesar yang dapat Anda berikan kepada anak Anda, untuk memberdayakan mereka.