6 Ide Passive Income yang Dapat Dimulai Secara Gratis

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: SohIB indonesiabaik.id

Apa sebenarnya passive income itu? Passive Income adalah uang yang diperoleh tanpa menukar waktu Anda untuk itu. Artinya, Anda tidak harus bekerja atau bahkan harus hadir untuk mendapatkan uang. Ada begitu banyak ide penghasilan pasif yang bisa Anda jelajahi dan bahkan tidak memerlukan uang untuk memulainya.

MENGAPA ANDA HARUS PUNYA PASSIVE INCOME

Memiliki passive income bukan sekedar menghasilkan uang tanpa harus mengeluarkan banyak usaha. Sebaliknya, ini adalah tentang menciptakan aliran pendapatan lain yang dapat Anda gunakan untuk membangun kekayaan.

CARA MENGHASILKAN PASSIVE INCOME TANPA UANG

1. JUAL KAOS SECARA ONLINE

Tahukah Anda bahwa Anda bisa mulai menjual kaos tanpa biaya di muka? Canva merupakan website desain grafis yang juga bisa Anda gunakan untuk membuat desain kaos sendiri. Jika Anda sudah memiliki website, seperti blog WordPress, Printful adalah opsi lain yang dapat Anda gunakan. Perusahaan print-on-demand ini memungkinkan Anda mengintegrasikan produk ke situs Anda sehingga pelanggan tidak perlu pergi. Setelah mereka melakukan pemesanan, Printful juga akan menangani pencetakan dan pemenuhan pesanan.

2. MENULIS BUKU

Jika Anda belum pernah berpikir untuk menulis buku, mungkin fakta bahwa buku dapat menghasilkan passive income akan memacu Anda. Buku—baik hardcopy atau ebook—adalah sumber pendapatan pasif yang dapat menghasilkan keuntungan seumur hidup.

3. JUAL PRODUK DIGITAL

Buku bukan satu-satunya hal yang dapat Anda jual secara online untuk mendapatkan passive income. Anda bisa menjual segala macam produk digital dengan konsep yang sama. Barang cetakan adalah produk digital yang mudah diproduksi dan tidak memerlukan biaya apa pun untuk membuatnya. Mereka dapat dibuat di Google Dokumen, PowerPoint, atau bahkan Canva, semuanya gratis. Contoh produk digital lain yang dapat Anda pertimbangkan antara lain: File audio, templat Excel, Video tutorial, Buku Masak. Secara harfiah, apapun yang bisa Anda ubah menjadi format digital bisa dijual secara online. Jadilah kreatif dan mulailah menjual.

4. DAPATKAN ROYALTI DARI PEKERJAAN ANDA

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menjual karya Anda untuk mendapatkan royalti di platform lain. Misalnya, jika Anda seorang fotografer, Anda dapat mengunggah gambar Anda ke situs seperti Adobe atau Canva untuk mendapatkan royalti setiap kali seseorang membayar untuk mengunduhnya. Kekayaan intelektual apa pun yang Anda miliki dapat digunakan untuk menghasilkan pendapatan royalti. Uang yang saya peroleh dari menjual buku saya melalui Amazon, bukan melalui situs web saya sendiri, secara teknis dianggap sebagai pendapatan royalti.

5. PEMASARAN AFILIASI

Pemasaran afiliasi adalah cara mudah lainnya untuk menghasilkan passive income. Jika Anda belum familiar dengan apa itu pemasaran afiliasi, itu hanyalah komisi yang dibayarkan untuk merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain. Anda akan melihat ini sebagai sumber pendapatan populer di kalangan influencer, blogger, YouTuber, dan sejenisnya. Namun, masyarakat biasa juga dapat berpartisipasi dalam pemasaran afiliasi. Situs web seperti Rakuten dan Ibotta memungkinkan Anda memperoleh komisi saat Anda merujuk seseorang ke platform dan mereka melakukan pembelian.

6. BUAT & JUAL KURSUS

Mengemas keahlian Anda dan mengajarkannya selalu merupakan cara yang bagus untuk menghasilkan uang tambahan. Anda dapat melakukan ini secara pasif dengan mengikuti kursus Anda secara digital dan menjualnya secara online. Kursus online itu SANGAT BESAR. Saya mengenal beberapa orang yang telah menciptakan bisnis online hanya dengan menjual kursus. Membuat dan menjual kursus adalah salah satu hal yang saya manfaatkan untuk menghasilkan uang secara online juga.