Pelatih Malaysia: Indonesia Akan Jadi Raksasa Baru di ASEAN

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Timnas Indonesia mencatatkan prestasi luar biasa sebagai satu-satunya wakil ASEAN yang berhasil melaju ke Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Keberhasilan ini memancing perhatian, termasuk dari pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon. Pelatih asal Korea Selatan ini optimis bahwa Indonesia akan segera menjadi negara terkuat di ASEAN.

“Bagi saya, Indonesia akan menjadi negara terkuat di sekitar sini [ASEAN] tidak lama lagi,” ujar Pan-gon kepada Astro Awani. Meskipun begitu, ia menekankan bahwa Malaysia tetap harus memberikan perlawanan yang tangguh.

Nasib Malaysia sendiri kurang beruntung setelah mereka gagal ke Ronde Ketiga, finis di peringkat 3 Grup D Ronde Kedua dengan 10 poin, hanya terpaut satu poin dari Kirgizstan. Kegagalan ini dikonfirmasi pada Selasa (11/6) setelah kemenangan 3-1 Malaysia atas Taiwan tidak cukup, karena Kirgizstan berhasil menahan imbang Oman di pertandingan lain.

Sementara itu, Timnas Indonesia melaju ke Ronde Ketiga sebagai runner-up Grup F, bersama Irak yang menjadi juara grup setelah mengalahkan Vietnam di laga terakhir.

Sebanyak 18 tim yang lolos dari Ronde Kedua (9 juara grup dan 9 runner-up grup) akan berlaga di Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim-tim ini akan dibagi menjadi tiga grup yang masing-masing terdiri dari enam tim. Pengundian grup dijadwalkan pada 27 Juni 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia. Berdasarkan undian, ada 6 pot yang masing-masing terdiri dari 3 tim, dengan Indonesia berada di pot 6 bersama Korea Utara dan Kuwait. Ini berarti Indonesia bisa berada satu grup dengan negara-negara kuat seperti Australia, Korea Selatan, atau Jepang.

Pertandingan di Ronde Ketiga akan menggunakan sistem kandang dan tandang. Dua tim teratas dari setiap grup akan langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Sementara itu, tim peringkat ketiga dan keempat akan berjuang lagi di Ronde Keempat, sedangkan tim peringkat lima dan enam akan tersingkir dari kompetisi.

Keberhasilan ini menunjukkan kemajuan signifikan dari Timnas Indonesia dan menumbuhkan harapan besar bagi sepak bola Indonesia untuk bersinar di panggung internasional. Dukungan penuh dan persiapan matang akan sangat diperlukan agar Indonesia bisa bersaing dengan tim-tim kuat lainnya dan mewujudkan impian lolos ke Piala Dunia 2026.