Tips Diet saat Ramadan, Jadikan Momen Tepat Menurunkan Berat Badan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Menimbang Berat Badan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Di Bulan Ramadan ini seluruh Umat Islam di seluruh dunia diwajibkan menjalani ibadah puasa. Selama berpuasa, mereka dilarang makan dan minum dari Subuh hingga Maghrib.

Mengatur asupan makanan di waktu sahur dan berbuka ampuh untuk menurunkan berat badan. Itu sebabnya Bulan Ramadan menjadi momen yang tepat, bagi yang ingin memulai hidup sehat dan menyusutkan berat badan.

Berikut ini tips menurunkan berat badan di Bulan Ramadan:

Tetap terhidrasi

Penting tetap terhidrasi dengan baik saat puasa. Pastikan meminum banyak air di saat sahur dan berbuka. Selain itu, hindari minuman berkafein dan beralkohol yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Konsumsi makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat dapat membantu merasa kenyang lebih lama dan menjaga pencernaan tetap lancar. Misaonua sayuran hijau, buah dan biji-bijian utuh seperti beras merah dan quinoa.

Perhatikan porsi makan

Puasa bukan berarti boleh kalap ketika waktu berbuka, dengan memakan apa saja dalam porsi berlebih. Pastikan porsi makan tetap terkendali dan sesuai dengan kebutuhan. Hindari juga makan berlebih saat berbuka karena bisa menghambat proses penurunan berat badan.

Pilih sumber protein yang sehat

Protein adalah nutrisi penting untuk memperbaiki dan membangun otot, serta menjaga perasaan kenyang lebih lama. Pilihlah sumber protein yang sehat seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

Kurangi konsumsi gula dan makanan olahan

Gula tambahan dan makanan olahan seringkali mengandung kalori kosong hingga menghambat proses penurunan berat badan. Kurangi atau hindari konsumsi gula tambahan, makanan cepat saji, serta makanan olahan yang tinggi lemak dan gula.

Populer video

Berita lainnya