Sejarah Baru, Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pict by Instagram

Timnas Indonesia berhasil mencatat sejarah baru dalam dunia sepak bola. Untuk pertama kalinya, Skuad Garuda berhasil melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kepastian ini didapat setelah mengalahkan Filipina pada hari Selasa (11/6/2024), berkat gol-gol dari Thom Haye dan Rizky Ridho yang memastikan kemenangan 2-0 bagi Indonesia.

Tambahan tiga poin dari kemenangan ini membuat Timnas Indonesia mengumpulkan total 10 poin dari enam pertandingan di Grup F, yang menempatkan mereka sebagai runner-up grup tersebut. Dengan hasil ini, Indonesia akan menemani Irak untuk maju ke putaran ketiga kualifikasi.

Keberhasilan ini menjadi sejarah baru bagi sepak bola Indonesia karena ini adalah pertama kalinya Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia. Sebelumnya, Timnas Indonesia sering tersingkir di putaran pertama atau kedua, sehingga pencapaian kali ini merupakan lompatan besar dalam perkembangan sepak bola di Indonesia.

Selain itu, keberhasilan ini juga melampaui pencapaian terbaik Timnas Indonesia yang terjadi 39 tahun lalu saat mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 1986 Zona Asia. Saat itu, Indonesia berhasil menjadi juara grup 3B dan lolos ke babak kedua. Namun, di babak kedua, mereka harus menghadapi Korea Selatan dan kalah dalam format dua leg, dengan skor 2-0 di leg pertama dan 1-4 di leg kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan dimulai tiga bulan lagi, tepatnya pada tanggal 5 September 2024. Di babak ini, 18 tim yang lolos akan dibagi ke dalam tiga grup. Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan otomatis lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara itu, peringkat ketiga dan keempat di setiap grup akan bertanding di babak keempat untuk memperebutkan tiket tambahan.

Pencapaian ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi tim dan pendukung, tetapi juga menandakan kemajuan yang signifikan dalam perkembangan sepak bola Indonesia. Dukungan dan persiapan yang matang akan sangat penting untuk memastikan bahwa Skuad Garuda dapat terus melaju dan membuat sejarah di ajang internasional. Mari kita dukung terus Timnas Indonesia menuju Piala Dunia 2026!