Sederet Vitamin untuk Kuku Sehat dan Tidak Mudah Patah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kuku Sehat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bukan hanya memengaruhi penampilan, kuku rapuh, retak, mudah patah, atau berubah warna bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan pada tubuh. Bahkan, hal itu juga menjadi gejala kekurangan vitamin dan nutrisi tertentu. Ya, tak dipungkiri, perawatan kuku sering kali diabaikan dibanding anggota tubuh yang lain.

Maka dari itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh kuku. Berikut adalah sederet vitamin kuku alami yang bisa didapat dari konsumsi nutrisi makanan. Melansir laman sehatQ, berikut ini beberapa vitamin kuku alami yang bisa didapat dari konsumsi nutrisi makanan.

Biotin

Bagian dari vitamin B kompleks yang kerap dikenal juga sebagai vitamin B7 dan vitamin H. Biotin bekerja dengan mendorong sel-sel tubuh agar tumbuh sehat sekaligus membantu metabolisme asam amino yang penting untuk pertumbuhan kuku.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, dibutuhkan konsumsi suplemen dan makanan tinggi biotin guna memperkuat kondisi kuku agar tidak mudah patah atau rapuh. Selain suplemen, Anda bisa memenuhi kebutuhan biotin dari sumber makanan tertentu seperti kuning telur, ikan salmon, alpukat, hati sapi dan jamur.

Vitamin B12

Fungsi vitamin B12 berperan dalam membantu penyerapan zat besi dan perkembangan sel darah merah. Sebab, baik zat besi dan vitamin B12 diperlukan untuk menjaga kuku tetap kuat dan sehat. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kuku menjadi hitam kebiruan dengan garis-garis gelap memanjang bergelombang.

Untuk mencegahnya, Anda dapat mengonsumsi suplemen dan makanan mengandung vitamin B12 seperti daging sapi, ikan sarden, jamur shitake, telur, ikan tuna, sereal yang diperkaya vitamin B, ataupun nori (rumput laut).

Vitamin B9

Vitamin B9 atau folat juga dapat membantu pertumbuhan dan kesehatan kuku. Hal ini berkat kontribusinya terhadap pembentukan sel darah merah dan perkembangan sel baru. Sementara jika tubuh kekurangan folat maka menyebabkan perubahan pigmen pada kuku serta membuatnya tampak rapuh dan mudah patah.

Karenanya, mengonsumsi makanan tinggi folat merupakan hal yang penting sebagai bagian dari perawatan kuku. Anda bisa mengonsumsi makanan mengandung vitamin B9 seperti sayuran berwarna hijau gelap, buah-buahan citrus, kacang-kacangan (kacang merah, kacang polong, edamame).

Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu mikronutrien yang penting untuk produksi kolagen. Kolagen sendiri adalah protein yang dapat membentuk kekuatan dan menyebarkannya ke jaringan. Jenis protein ini merupakan salah satu zat utama pembangun kuku. Tak ayal bila manfaat vitamin C baik bagi pertumbuhan kuku Anda. Kekurangan vitamin C disebut dapat membuat kuku tampak rapuh dan memperlambat pertumbuhannya.

Zat besi

Fungsi zat besi dapat menyusun pusat sel darah merah yang membawa oksigen ke organ dan setiap sel dalam tubuh, termasuk kuku. Jika tidak ada zat besi, oksigen tidak dapat dibawa ke seluruh sel tubuh secara maksimal. Selain itu, oksigen juga diperlukan untuk memperkuat kuku.

Apabila tubuh kekurangan zat besi, Anda mungkin bisa mengalami kondisi yang dinamakan kuku sendok. Kuku sendok adalah kondisi kuku yang cekung menyerupai “sendok”, atau adanya tonjolan vertikal pada kuku.

Magnesium

Magnesium adalah jenis mineral yang terlibat lebih dari 300 reaksi dalam tubuh Anda, termasuk sintesis protein, yang diperlukan untuk pertumbuhan kuku. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin kuku ini, Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi magnesium seperti biji-bijian utuh, sayuran berdaun hijau gelap, kacang-kacangan, seperti almond, kacang mete, kacang tanah, dan kacang hitam.

Protein

Kuku manusia umumnya terbuat dari protein berserat yang disebut keratin. Keratin inilah yang mampu memperkuat kuku dan melindunginya dari kerusakan hingga trauma. Oleh sebab itu, memenuhi asupan protein harian sangat penting untuk meningkatkan produksi keratin. Jika tubuh kekurangan protein, hal ini dapat menyebabkan kuku melemah.

Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 dapat membantu melembapkan kuku dan membuatnya tampak berkilau. Selain itu, jenis asam lemak sehat ini dapat mengurangi peradangan pada bantalan kuku. Bantalan kuku dapat meningkatkan kesehatan sel-sel kuku. Jika tubuh kekurangan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan kuku kering dan rapuh.

Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, mackerel, tuna, dan sarden, kacang-kacangan, telur, atau minyak biji rami.

Zinc

Kuku manusia terdiri dari jenis sel-sel yang tumbuh dan membelah dengan cepat. Oleh karena itu, dibutuhkan asupan zinc yang stabil guna meningkatkan pertumbuhan kuku yang sehat. Kurang asupan zinc dapat berkontribusi pada degenerasi lempeng kuku serta menyebabkan munculnya bintik-bintik putih pada kuku Anda.

Anda bisa mencukupi asupan zinc sehari-hari melalui makanan, seperti protein hewani (daging sapi, unggas, ikan, dan telur), kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang hitam, kacang almond, kacang mete), dan biji-bijian.

Populer video

Berita lainnya