Menjelajahi Dunia Kripto, Mengenal Apa itu Mining Bitcoin?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: Pexels
ilustrasi by pexels

Berdasarkan riset dari Kementerian Perdagangan, data transaksi cryptocurrency mencapai Rp 370 triliun hingga bulan Mei 2021. Tren transaksi aset digital ini diprediksi akan terus bertambah.

Di era digital ini, Bitcoin menjelma menjadi primadona. Nilai tukarnya yang fantastis mengundang banyak orang untuk terjun ke dunia cryptocurrency. Namun, harga yang kamu bayar untuk mendapatkan Bitcoin ini sudah terlanjur mahal.

Lalu bagaiamana caranya agar mendapat Bitcoin? Salah satu cara untuk mendapatkan Bitcoin adalah dengan menambangnya.

Apa Itu Mining Bitcoin?

Salah satunya dengan Mining Bitcoin atau menambang Bitcoin. Mining bitcoin merupakan salah satu cara yang dapat menambah punda-pundi bitcoin untuk kamu.

Mining Bitcoin yaitu kegiatan memverifikasi, penyimpanan, dan pengawasan transaksi Bitcoin yang kemudian dimasukkan ke dalam blockchain, serta dapat menciptakan Bitcoin baru.

Tenang, bagi kamu yang ingin mengerti lebih lanjut tentang Mining Bitcoin itu apa dan bagaimana, silakan duduk atau nyamankan posisi di mana kamu berada dan sterilkan mata untuk menyimak ulasan berikut ini ya!

Bagaiamana Cara Mining Bitcoin?

Nah, metode Mining Bitcoin ini adalah memecahkan algortima atau teka teki matematika yang kompleks dari transaksi Bitcoin antar penambang dengan menggunakan perangkat komputer khusus atau komputasi yang canggih.

Mining Bitcoin ini perlu software yang sudah terverifikasi oleh blockchain dan hardware dengan spek khusus sebagai komponennya. Memang tak mudah, namun bisa dipahami dengan sederhana dalam waktu yang singkat.

Nah berikut ini beberapa cara untuk melakukan Mining Bitcoin:

1. Mining Bitcoin menggunakan Hardware

Salah satau hal untuk melakukan Mining Bitcoin adalah memiliki beberapa perangkat keras komputer khusus, di antaranya:

  • ASIC (Application Specific Integrated Circuit)
  • FPGA (Field Progammable Gate Array)
  • GPU (Graphic Processing Unit)
  • CPU (Central Processing Unit) ini yang biasa kita pakai.

Nah semua hardware di atas ditentukan oleh rate popularisasi Bitcoin itu sendiri. Sederhananya, semakin kecepatan akselerasi Bitcoin populer, maka hardware yang digunakan untuk menyelesaikan masalah algoritma harus cepat dan canggih jika ingin menambang dengan sukses.

Karena ini ibarat perlombaan digital, maka jika ingin memenangkannya direkomendasikan menggunakan ASIC, hardware tersebut yang paling cepat dan canggih dalam urusan Mining Bitcoin.

2. Bergabung dengan Bitcoin Farming

Apa itu Farming Bitcoin? Farming ialah menabung dan meminjamkan aset digital atau kripto ke pihak lain untuk mendapatkan reward atau imbal hasil yang tinggi. Kegiatan farming ini berkaitan dengan penyedia likuiditas.

Kabar baiknya untuk para investor adalah dengan fitur Farming kamu dapat menghasilkan tambahan uang tanpa harus takut risiko kehilangan nilai aset (seperti trading). Low risk high return.

3. Gunakan Aplikasi Bitcoin Mining

Untuk Mining Bitcoin, selain hardware yang super kuat, kamu juga perlu software pendukung. Kamu bisa mendapatkan software dengan mendownload di komputer. Kamu bisa mendownload aplikasi di situs internet secara gratis maupun berbayar.

Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan:

  • Bit Miner. Aplikasi ini tersedia dalam Windows, Mac, dan Linux. Dapat digunakan pada perangkat GPU dan ASIC. Oh iya, downloadnya gratis!
  • CG Miner. Aplikasi ini juga tersedia pada Windows, Linux, dan Mac. Bisa digunakan untuk perangkat GPU dan ASIC, dan gratis juga!

4. Buka Akun Dompet Bitcoin

Selanjutnya kamu bisa membuat akun di Dompet Bitcoin atau Bitcoin Wallet. Setelah menambang dan mendapatkan Bitcoin dengan cara-cara yang tadi disebutkan, kamu membutuhkan Dompet Bitcoin untuk menyimpan hasil penambangan.

Dompet Bitcoin ini layaknya rekening bank yang menyimpan uang konvesional. Dompet Bitcoin ini ada tiga jenis, yaitu Dompet Web, Dompet Software, Dan Dompet Hardware. Nah kamu harus teliti dama memilih Dompet Bitcoin ini, karena dari Dompet-dompet tersebut terhubung akses internet dan banyak yang kehilangan banyak uang karena diretas.

Dari ketiga Dompet tersebut, kamu bisa memilih Dompet Hardware karena tidak terhubung ke internet dan lebih aman. Dompet Hardware ini merupakan perangkat fisik aktual tempat kamu menyimpan Bitcoin yang terhubung dengan komputer melalui USB.

Keuntungan Mining Bitcoin:

  • Mendapatkan Bitcoin: Anda mendapatkan Bitcoin baru sebagai imbalan atas usaha Anda.
  • Membantu Keamanan Jaringan: Mining membantu mengamankan jaringan Bitcoin dan membuatnya tetap terdesentralisasi.
  • Membuka Peluang Baru: Mining membuka peluang untuk mempelajari tentang teknologi blockchain dan kriptocurrency.

Risiko Mining Bitcoin:

  • Kompetisi Tinggi: Mining Bitcoin menjadi semakin kompetitif, sehingga peluang untuk mendapatkan Bitcoin semakin kecil.
  • Biaya Tinggi: Membangun rig mining membutuhkan investasi yang besar.
  • Perubahan Nilai Bitcoin: Nilai Bitcoin berfluktuasi, sehingga ada risiko keuntungan Anda berkurang.

Mining Bitcoin menawarkan peluang untuk mendapatkan Bitcoin dan membantu mengamankan jaringan. Namun, penting untuk memahami risiko dan biaya yang terlibat sebelum memulai. Semoga artikel ini bermanfaat ya

Populer video

Berita lainnya