Buat Kalian Para Pria, Ini Tips Memilih Sunscreen yang Nyaman Digunakan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Young hispanic man standing shirtless holding sunscreen lotion looking to side, relax profile pose with natural face and confident smile.

Banyak pria mungkin merasa malas menggunakan sunscreen karena khawatir akan rasa lengket, berminyak, atau tidak nyaman di kulit. Padahal, perlindungan dari sinar UV sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini serta kanker kulit. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih sunscreen yang ringan dan nyaman digunakan untuk pria.

1. Pilih Sunscreen Berbasis Gel atau Air

Sunscreen berbasis gel atau air cenderung memiliki tekstur yang lebih ringan dan cepat meresap ke dalam kulit tanpa meninggalkan rasa lengket. Produk ini sangat cocok untuk pria yang memiliki aktivitas tinggi dan menginginkan sunscreen yang tidak mengganggu kenyamanan.

2. Cari Sunscreen dengan Label “Oil-Free” dan “Non-Comedogenic”

Sunscreen yang berlabel “oil-free” tidak mengandung minyak tambahan sehingga tidak akan membuat kulit terasa lebih berminyak. Label “non-comedogenic” menandakan bahwa produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori, sehingga mengurangi risiko jerawat dan komedo.

3. Gunakan Sunscreen dengan Formula Matte

Beberapa sunscreen dirancang khusus untuk memberikan hasil akhir matte pada kulit. Produk-produk ini mengandung bahan-bahan yang dapat menyerap minyak berlebih dan memberikan tampilan kulit yang lebih halus tanpa kilap. Ini sangat cocok untuk pria yang tidak ingin terlihat mengkilap setelah menggunakan sunscreen.

4. Pilih Sunscreen dengan SPF yang Tepat

Untuk perlindungan sehari-hari, sunscreen dengan SPF 30 sudah cukup. Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan atau berolahraga, pilih sunscreen dengan SPF lebih tinggi seperti SPF 50 untuk perlindungan ekstra.

5. Gunakan Sunscreen dalam Bentuk Spray atau Powder

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan tekstur lotion, sunscreen dalam bentuk spray atau powder bisa menjadi alternatif. Sunscreen spray cenderung lebih ringan dan tidak meninggalkan rasa lengket, sedangkan sunscreen powder bisa membantu mengontrol minyak sepanjang hari dan memberikan hasil akhir yang matte.

6. Perhatikan Kandungan Bahan Aktif

Beberapa bahan aktif dalam sunscreen dapat memberikan perlindungan yang efektif tanpa menimbulkan rasa berat di kulit. Misalnya, zinc oxide dan titanium dioxide adalah bahan mineral yang memberikan perlindungan broad-spectrum tetapi bisa terasa lebih ringan pada kulit dibandingkan dengan bahan kimia tertentu.

Rekomendasi Produk Sunscreen Ringan untuk Pria

  1. Neutrogena Hydro Boost Water Gel Lotion SPF 30/50 Sunscreen berbasis air dengan tekstur gel yang ringan dan cepat meresap, cocok untuk kulit berminyak dan kombinasi.
  2. La Roche-Posay Anthelios Clear Skin Dry Touch Sunscreen SPF 60 Sunscreen dengan hasil akhir matte, ideal untuk pria dengan kulit berminyak atau acne-prone.
  3. EltaMD UV Clear Broad-Spectrum SPF 46 Sunscreen yang mengandung niacinamide untuk menenangkan kulit dan mengontrol minyak, cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.
  4. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++ Sunscreen berbasis air dari Jepang yang sangat ringan dan memberikan sensasi segar tanpa rasa lengket.
  5. Supergoop! 100% Mineral Matte Screen SPF 40 Sunscreen dengan hasil akhir matte dan bebas minyak, cocok untuk pria yang menginginkan tampilan bebas kilap.

Cara Menggunakan Sunscreen dengan Benar

  1. Aplikasikan Secara Merata Pastikan kamu mengaplikasikan sunscreen secara merata di semua area kulit yang akan terpapar sinar matahari. Jangan lupa bagian yang sering terlupakan seperti telinga, leher, dan punggung tangan.
  2. Gunakan Sebelum Keluar Rumah Aplikasikan sunscreen setidaknya 15-30 menit sebelum kamu keluar rumah. Ini memberikan waktu bagi sunscreen untuk meresap ke dalam kulit dan mulai bekerja.
  3. Reaplikasi Secara Teratur Sunscreen perlu diaplikasikan ulang setiap dua jam, atau lebih sering jika kamu berenang atau berkeringat. Meskipun sunscreen water-resistant, tetap perlu reaplikasi setelah aktivitas di air atau mengeringkan diri dengan handuk.

Memilih sunscreen yang ringan dan nyaman adalah kunci agar pria lebih rajin menggunakannya setiap hari. Dengan memperhatikan jenis dan formulasi sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan, kamu dapat melindungi kulit dari efek merusak sinar UV tanpa harus mengorbankan kenyamanan. Ingatlah bahwa perlindungan kulit adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan dan penampilanmu.

Populer video

Berita lainnya