Kreasikan Sendiri Sensasi Gurih dengan Resep Keripik Tempe yang Mudah dan Lezat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pict by Cookpad

Siapa bilang camilan sehat tak bisa lezat? Tempe, salah satu makanan khas Indonesia, hadir sebagai bahan baku yang sempurna untuk menciptakan camilan yang gurih dan bergizi: keripik tempe! Dengan sedikit sentuhan kreatif dan beberapa bahan sederhana, kamu dapat membuat keripik tempe sendiri di rumah. Mari kita jelajahi resep sederhana namun menggugah selera ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

Sebelum memulai proses pembuatan keripik tempe, pastikan kamu memiliki semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan yang akan kamu perlukan:

  • Tempe: Pilih tempe yang segar dan berkualitas untuk hasil terbaik.
  • Tepung terigu: Gunakan tepung terigu serbaguna untuk memberikan lapisan yang renyah.
  • Tepung beras: Tepung beras membantu memberikan tekstur yang khas pada keripik.
  • Bumbu-bumbu: Seperti garam, merica, bubuk bawang putih, atau bumbu pilihanmu untuk memberikan rasa yang sedap.
  • Minyak untuk menggoreng: Pastikan minyak yang digunakan cukup banyak untuk menggoreng tempe dengan merata.

Langkah Pembuatan:

  1. Potong Tempe dengan Tipis: Potong tempe menjadi irisan tipis agar keripik memiliki ketebalan yang seragam dan mudah digoreng.
  2. Siapkan Adonan Tepung: Campurkan tepung terigu, tepung beras, dan bumbu-bumbu lainnya dalam mangkuk besar. Pastikan untuk meratakan bumbu agar setiap irisan tempe terbalut dengan baik.
  3. Celupkan Tempe ke dalam Adonan: Celupkan irisan tempe ke dalam adonan tepung hingga semua bagian terlapisi dengan baik. Pastikan setiap irisan tempe mendapat lapisan tepung yang cukup.
  4. Goreng dalam Minyak Panas: Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang hingga cukup panas. Goreng irisan tempe dalam minyak panas hingga kecokelatan dan renyah.
  5. Tiriskan dan Sajikan: Setelah keripik tempe berwarna kecokelatan, angkat dari minyak panas dan tiriskan pada kertas tisu untuk menghilangkan kelebihan minyak. Biarkan dingin sejenak sebelum disajikan.

Variasi Rasa:

Satu keuntungan besar membuat keripik tempe sendiri adalah kamu bisa bereksperimen dengan berbagai rasa sesuai selera. Beberapa variasi yang bisa kamu coba termasuk:

  • Rasa BBQ: Tambahkan sedikit saus BBQ atau bumbu BBQ kering ke dalam adonan tepung untuk rasa yang khas.
  • Rasa Pedas: Campurkan bubuk cabai atau bubuk merah ke dalam adonan untuk keripik tempe dengan tingkat kepedasan yang sesuai selera.
  • Rasa Keju: Taburkan sedikit bubuk keju parmesan atau cheddar di atas keripik tempe yang masih panas untuk sensasi keju yang menggoda.

Keripik Tempe: Camilan Sehat yang Lezat untuk Keluarga

Dengan resep sederhana ini, kamu bisa menghadirkan camilan sehat dan lezat untuk keluarga tanpa harus khawatir akan kandungan bahan pengawet dan tambahan kimia. Selain itu, dengan membuat sendiri keripik tempe di rumah, kamu bisa mengontrol jumlah minyak dan garam yang digunakan, membuatnya menjadi opsi camilan yang lebih sehat.

Jadi, mulai dari sekarang, buatlah keripik tempe sendiri di rumah dan nikmati sensasi gurih yang tak tertandingi dari camilan sehat ini!

Populer video

Berita lainnya