Ini Rukuk yang Benar, Biar Sholatmu Makin Khusyuk

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
by canvapro

Kita semua tahu, sholat itu nggak cuma tentang gerakan, tapi juga tentang hati yang khusyuk. Salah satu gerakan penting dalam sholat adalah rukuk. Nah, biar sholatmu makin mantap dan khusyuk, yuk bahas posisi rukuk yang benar.

Rukuk itu adalah salah satu gerakan dalam sholat di mana kita membungkukkan badan dengan menyentuhkan telapak tangan ke lutut, sambil menjaga punggung tetap lurus. Posisi ini dilakukan sebanyak tiga kali dalam setiap rakaat sholat.

Fakta menariknya, gerakan rukuk ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain membantu melenturkan otot-otot punggung dan lutut, rukuk juga dapat membantu melancarkan peredaran darah ke otak, meningkatkan elastisitas tulang belakang, dan meredakan sakit pinggang.

Untuk melakukan rukuk dengan benar, pertama-tama pastikan kedua kaki rapat dan lurus, serta kedua tangan diikatkan ke lutut dengan jari-jari tangan sedikit merenggang. Selanjutnya, tekankan untuk menjaga punggung tetap lurus dan sejajar dengan lantai, serta memastikan pandangan mata tetap lurus ke arah tempat sujud.

Menurut pedoman Islam, saat rukuk kita juga diwajibkan mengucapkan tasbih “Subhanallah” minimal tiga kali. Ini juga menjadi momen di mana kita mengakui kebesaran dan keagungan Allah SWT.

Data yang ada menunjukkan bahwa sebagian besar umat Muslim di seluruh dunia telah menguasai teknik rukuk dengan benar. Ini menunjukkan betapa pentingnya gerakan ini dalam praktik ibadah sholat mereka.

Jadi, guys, jangan remehkan posisi rukuk dalam sholatmu, ya! Selain sebagai kewajiban ibadah, gerakan ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jadikan setiap gerakan sholat sebagai momen untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjaga kesehatan tubuh kita. Selamat beribadah! 🙏

Populer video

Berita lainnya