Rekomendasi Kuliner-Kuliner di Surabaya yang Kamu Harus Coba

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
ilustrasi by copilot

Halo, foodie! Kalau kamu belum pernah mengunjungi Surabaya, kota ini bisa jadi destinasi wisata kuliner yang sayang dilewatkan. Sebagai kota metropolitan dengan penduduk yang sangat beragam, Surabaya menawarkan berbagai jenis kuliner lezat hasil akulturasi budaya.

Nah berikut ini beberapa kuliner khas kota Surabaya yang harus kamu coba. Siap-siap saja perutmu keroncongan membaca rekomendasi kuliner khas kota pahlawan ini!

Rawon

Nah, yang nggak boleh terlewatkan adalah Rawon. Makanan berkuah hitam pekat ini merupakan salah satu ikon kuliner Surabaya. Rasa nikmat dari daging sapi yang dipadu dengan bumbu rempah-rempah khas seperti keluak, kluwek, bawang merah, bawang putih, dan laos akan membuatmu ketagihan! Eits, jangan lupa tambahkan sambal terasi agar rasanya makin syedeepp.

Lontong Balap

Lalu ada Lontong Balap yang unik karena disajikan di atas alas dari daun pisang. Lontong, sayur labu siam, sambal petis, tahu, dan telur menjadi komposisi sempurna dalam satu pincuk daun. Gurih, pedas, asam, manis, bersatu di mulutmu. Sungguh sensasi rasa yang nggak terlupakan!

Rujak Cingur

Kamu juga wajib mencoba Rujak Cingur, salah satu jajanan tradisional paling populer di sana. Segar dari buah-buahan dicampur kacang, garam, cuka, plus cingur (parutan gula aren) sebagai pemanis alami. Rasa manis, asam, dan sedikit pedas akan memberikan kejutan di lidahmu!

Bakso Berkah

Nah, kalau kamu lebih suka yang berkuah, Bakso Berkah harus masuk list jajananmu. Bakso kenyal dengan kaldu gurih dan taburan bawang goreng super lezat! Tidak heran jika selalu ada antrian panjang di gerai bakso ini.

Sate Ayam Ponorogo

layak dicoba karena rasanya yang sedap dan porsinya yang terjangkau. Potongan daging ayam yang dibakar dengan campuran kecap dan rempah khas sangat menggugah selera. Wah, semakin kebayang lezatnya!

Semanggi

Tenggorokan dahaga setelah menyantap kuliner pedas? Tenang, ada Semanggi, minuman khas Surabaya yang terbuat dari campuran santan, gula aren dan sedikit garam. Minuman segar manis dan gurih ini dijamin bisa melegakan dahaga sekaligus memanjakan lidahmu.

Tahu Telur

Eitss jangan pulang dulu sebelum nyobain Tahu Telur, ya! Wujudnya memang sederhana, hanya tahu goreng berbalut telur dadar. Tapi rasanya sungguh menggoyang lidah dengan gurihnya tahu dan telur yang menyatu sempurna. Tambahan sambal petis atau cabe rawit sebagai pelengkap akan membuatmu ketagihan!

Lapis Surabaya

Oke, buat yang hobi nyemil, kamu nggak boleh melewatkan Lapis Surabaya. Kue ini punya lapisan lembut dan legit dari campuran gula merah dan santan. Setiap gigitan terasa begitu manis dan mengenyangkan. Kamu pasti kesulitan buat berhenti nyomot!

Nah, itu dia rekomendasi kuliner dari kota Surabaya yang nggak boleh dilewatkan! Dari makanan berkuah sampai camilan manis, semua bisa kamu nikmati di sana.

Jadi, kapan kamu mulai agendakan liburan kulineran ke Surabaya? Awas nagih setelah mencobanya ya!

Populer video

Berita lainnya