Pilih Stratocaster atau Telecaster? Begini Sejarah Gitar Fender

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pic by Pinterest

Fender adalah salah satu merek gitar yang paling ikonik dan terkenal di dunia. Sejarah Fender berawal dari Leo Fender mendirikan perusahaan Fender Electric Instrument Company pada tahun 1946 di Fullerton, California. Perusahaan ini mulai memproduksi gitar listrik pertama mereka, yang dikenal sebagai Fender Esquire, pada tahun 1950.

Pada tahun 1950, Fender memperkenalkan model gitar listrik Telecaster, yang pada awalnya dikenal sebagai Broadcaster. Telecaster dikenal dengan desain bodi yang sederhana dan suara yang jernih dan tajam. Model gitar paling ikonik Fender, Stratocaster, diperkenalkan pada tahun 1954. Stratocaster menampilkan desain yang revolusioner dengan bentuk bodi yang ergonomis, tremolo yang inovatif, dan pickup yang khas.

Pada tahun 1965, Fender diakuisisi oleh Columbia Broadcasting System (CBS). Era CBS ditandai dengan perubahan dalam desain dan kualitas kontrol, yang beberapa di antaranya kurang disukai oleh penggemar gitar Fender. Sampai kini, terdapat beberapa seri gitar Fender yang sangat populer dan sering dipakai oleh berbagai musisi terkenal di seluruh dunia. Pada tahun 1985, Fender dibeli kembali dari CBS oleh kepemimpinan eksekutif internal, dan perusahaan kembali ke fokus pada kualitas dan inovasi. Fender terus menghasilkan berbagai model gitar dan bass yang terkenal di seluruh dunia, dan menjadi salah satu merek gitar paling ikonik dalam sejarah.

Berikut adalah beberapa seri gitar Fender yang paling terkenal beserta beberapa musisi yang terkenal memakainya:

  1. Stratocaster: Stratocaster menawarkan desain bodi yang ergonomis, pickup yang jernih, dan tremolo yang stabil. Seri ini memiliki berbagai varian termasuk American Professional, American Ultra, dan Player Series. American Professional menawarkan kualitas tinggi dengan berbagai pilihan pickup dan finish yang elegan. Sementara Player Series menawarkan kualitas yang baik dengan harga yang lebih terjangkau, cocok untuk pemain yang ingin mendapatkan kualitas Fender tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Mungkin merupakan model gitar paling ikonik dari Fender, Stratocaster telah digunakan oleh banyak musisi terkenal, termasuk:
    • Jimi Hendrix: Hendrix sering dikaitkan dengan Fender Stratocaster, dan gitar ini menjadi ikonik dalam penampilannya.
    • Eric Clapton: Clapton juga dikenal sebagai pengguna Stratocaster yang berbakat, dan gitar ini menjadi salah satu elemen kunci dalam karirnya.
    • Stevie Ray Vaughan: Vaughan terkenal karena kemampuannya memainkan Stratocaster dengan gaya blues yang khas, dan gitar ini menjadi bagian integral dari identitas musiknya.
  2. Telecaster: Seperti Stratocaster, Telecaster juga memiliki berbagai varian kualitas seperti American Professional dan Player Series. American Professional Telecaster menawarkan kualitas premium dengan pickup yang kuat dan konstruksi yang solid, sementara Player Series Telecaster menawarkan kualitas yang baik dengan harga yang lebih terjangkau. Telecaster adalah model lain yang sangat terkenal dari Fender, dan telah digunakan oleh banyak musisi legendaris, termasuk:
    • Keith Richards: Richards dari The Rolling Stones dikenal karena memakai Telecaster untuk suara blues dan rock yang khas.
    • Bruce Springsteen: Springsteen sering terlihat memakai Telecaster di panggung, dan gitar ini menjadi bagian penting dalam musiknya yang khas.
    • James Burton: Burton, seorang pemain gitar studio legendaris, sering dikaitkan dengan Telecaster, dan dia telah membuat banyak kontribusi pada perkembangan gitar country dan rock.
  3. Jazzmaster: Jazzmaster dikenal dengan bentuk bodi yang unik dan suara yang lebih “jangkung” atau “jangkar”. Seri ini menawarkan karakteristik suara yang berbeda dari Stratocaster dan Telecaster, sehingga cocok untuk pemain yang mencari sesuatu yang sedikit berbeda. Jazzmaster sering digunakan oleh musisi dari berbagai genre, termasuk:
    • Elvis Costello: Costello dikenal karena memakai Jazzmaster dalam karirnya yang panjang di dunia musik rock dan punk.
    • J Mascis: Mascis dari band Dinosaur Jr. adalah salah satu pengguna Jazzmaster yang paling terkenal, dan gitar ini menjadi simbol dari gaya bermainnya yang kreatif.
  4. Precision Bass dan Jazz Bass: Fender juga terkenal dengan bass-nya yang klasik seperti Precision Bass dan Jazz Bass. Seri ini menawarkan suara yang khas dan bisa digunakan dalam berbagai genre musik. Bass Fender juga sangat populer dan telah digunakan oleh banyak bassis terkenal, seperti:
    • James Jamerson: Jamerson adalah seorang bassis studio Motown yang legendaris, dan ia sering memakai Fender Precision Bass dalam rekaman-rekaman klasik Motown.
    • Jaco Pastorius: Pastorius terkenal karena kemampuannya yang luar biasa dalam memainkan Fender Jazz Bass, dan gitar ini menjadi bagian integral dari soundnya yang inovatif.

Sejak pendiriannya, Fender telah menjadi simbol dari dunia musik, dengan banyak model gitar dan bassnya menjadi favorit para musisi dari berbagai genre musik.

Populer video

Berita lainnya