Doa-doa yang Bisa Kamu Baca Saat Melakukan Perjalanan Mudik

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
by canvapro

Melakukan perjalanan mudik bisa menjadi momen yang penuh berkah dan harapkan. Namun, tak jarang juga kamu merasa cemas atau khawatir akan keselamatan dan kelancaran perjalananmu. Nah, salah satu cara untuk menjaga diri dan memohon perlindungan adalah dengan membaca doa-doa khusus saat melakukan perjalanan mudik. Berikut beberapa doa yang bisa kamu baca.

  1. Doa Safar: “Allahumma inna nas’aluka fi safarina hadzal birra wat taqwa, wa minal ‘amal ma tardha, Allahumma hawwin ‘alaina safarana hadza wathwi ‘anna bu’dahu, Allahumma antash shahibu fis safar, wakhalifatul ahl. Allahumma inni a’udzubika minal waqi’ wash shuqaq, wamin su’il qadhaa’ wasy shamuathil ‘adzab. (Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dalam perjalanan kami ini kebaikan, ketakwaan, dan amalan yang Engkau ridhai. Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah kepadaku tempat tujuan kami. Ya Allah, Engkaulah teman perjalanan dan pelindung bagi keluarga kami. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kecelakaan, ketakutan, dan kejutan dalam perjalanan yang menakutkan).”
  2. Doa Perlindungan: “Bismillahi tawakkaltu ‘ala Allahi laa hawla wala quwwata illa billah. (Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah).”
  3. Doa Keselamatan: “Allahumma inni as’aluka khairal maulaji, wa khairal makhrooji, bismillahi wala jundaa illa billah. (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan tempat berangkat, dan kebaikan tempat tujuan, dengan menyebut nama Allah, dan tidak ada perlindungan kecuali dengan pertolongan Allah).”
  4. Doa Ketika Meninggalkan Rumah: “Bismillahi tawakkaltu ‘ala Allahi laa hawla wala quwwata illa billah. Allahumma inni a’udzubika an adhilla aw udhalla aw azilla aw uzalla aw azlima aw uzlama aw ajhala aw yujhala ‘alayya. (Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu agar tidak sesat atau disesatkan, tidak tergelincir atau digelincirkan, tidak menzhalimi atau dizhalimi, tidak memperlihatkan kebodohan atau diperlihatkan kebodohan kepadaku).”
  5. Doa Penghuni Kendaraan: “Subhaanal ladzii sakharalanaa hadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniina, wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun. (Maha Suci Allah yang telah menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan kepada Allah lah kami kembali).”

Jangan lupa untuk membaca doa-doa ini dengan ikhlas dan penuh keyakinan, serta berharap agar Allah melindungi dan memudahkan perjalananmu. Semoga perjalanan mudikmu berjalan lancar, aman, dan diberkahi oleh-Nya. Aamiin.

Populer video

Berita lainnya