Tips Hemat untuk Mama dengan Anak Lebih dari Satu

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Hemat Anak Kos
Foto: Istimewa


Celebrithink.com – Menjadi orang tua bukanlah perkara mudah, terutama saat menghadapi pengeluaran tambahan untuk anak-anak.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap hemat dalam mengatur keuangan bulanan tanpa harus mengorbankan kualitas hidup keluarga. Simak penjelasan di bawah ini:

Turunkan pakaian untuk si adik

Jika punya lebih dari satu anak atau menantikan kelahiran si adik, cobalah untuk memanfaatkan pakaian yang sudah tak terpakai oleh si kakak. Selain membantu menghemat pengeluaran, hal ini juga bisa menjadi upaya untuk mengurangi limbah pakaian yang menumpuk di bumi kita.

Pilih stroller multifungsi

Saat memilih stroller untuk si kecil, pilihlah yang bisa digunakan dari bayi hingga balita. Meskipun harganya mungkin sedikit lebih mahal, ini jauh lebih ekonomis daripada harus membeli stroller baru setiap kali si kecil membesar.

Manfaatkan diskon yang ada

Jangan lewatkan untuk selalu memeriksa bagian diskon di setiap toko, baik itu secara offline maupun online. Siapa tahu ada barang-barang yang sedang diinginkan dengan harga yang lebih terjangkau.

Kreatif dengan mainan

Tak perlu selalu membeli mainan baru untuk si kecil. Anda bisa menghemat pengeluaran dengan mengkreasikan mainan yang sudah ada. Misal mewarnai ulang mobil-mobilan yang sudah ada. Dengan begitu, si kecil dapat tetap senang bermain tanpa perlu menguras isi dompet.

Buat menu makanan serba bisa

Agar tidak perlu repot-repot memasak beragam menu. Cobalah membuat hidangan yang bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga. Dengan memilih menu yang bisa disukai seluruh anggota keluarga tidak hanya menghemat waktu tetapi juga biaya belanja bahan makanan.

Populer video

Berita lainnya