Cara Ampuh Atasi Kebiasaan Ngorok saat Tidur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tidur Mendengkur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – mendengkur atau ngorok bisa dialami siapa saja. Kondisi tersebut dampak dari terhalang atau menyempitya saluran pernapasan. Meskipun pada umumnya tak mengkhawatirkan, mengorok bisa menimbulkan masalah kesehatan lain, dan juga sosial.

Mendengkur yang keras dan terjadi dalam jangka waktu lama (kronis) dapat meningkatkan risiko terjadi penyakit jantung atau stroke. Selain itu, ngorok juga bisa memengaruhi hubungan sosial, karena menggangu orang yang tidur dengan si penderita.

Nah, ada cara untuk mengatasi ngorok tanpa harus mengom obat tertentu. Simak penjelasan berikut ini:

Perubahan gaya hidup

Salah satu cara untuk menghentikan kebiasaan ngorok saat tidur adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup yang sehat. Hal ini mencakup:

  • Pola makan sehat: Menghindari makanan berat atau terlalu banyak sebelum tidur, karena dapat meningkatkan risiko ngorok.
  • Menjaga berat badan sehat: Kegemukan dapat meningkatkan risiko kebiasaan ini, jadi jika kelebihan berat badan, cobalah menurunkannya.
  • Berhenti merokok: Merokok dapat mengiritasi saluran napas dan menyebabkan ngorok.
  • Olahraga teratur: Berolahraga secara teratur dapat memperkuat otot-otot tenggorokan dan meningkatkan kualitas tidur.

Perhatikan posisi tidur

Agar tidak ngorok saat tidur, cobalah atur posisi tidur dengan kepala sedikit lebih tinggi dengan bantal tambahan. Selain itu tinggi dan posisi tidur yang juga dapat membantu mengurangi ngorok adalah tengkurap.

Melatih otot tenggorokan

Latihan otot tenggorokan dapat membantu mengurangi kebiasaan tidur yang mengganggu ini. Untuk melakukannya bisa dengan latihan bernyanyi, mengunyah permen karet, atau menjalani terapi bicara bersama profesional.

Berkonsultasi dengan ahli

Jika ngorok berkepanjangan dan mengganggu kualitas tidur secara signifikan, mungkin udah waktunya berkonsultasi dengan ahlinya. Mereka akan menganalisa untuk menentukan penyebab ngorok dan memberikan perawatan yang sesuai.

Populer video

Berita lainnya