Ketahui Hal yang Memicu Sakit Tenggorokan di Bulan Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sakit tenggorokan menjadi keluhan kesehatan yang terjadi di bulan puasa. Selain disebabkan infeksi bakteri atau virus, kondisi ini juga dapat dipicu oleh berbagai faktor, terutama makanan yang dikonsumsi.

Oleh karena itu, penting mengetahui apa saja yang dapat menjadi pemicu sakit tenggorokan, agar tidak mengganggu ibadah puasa. Apalagi, ada beberapa kebiasaan di bulan puasa yang memicu terjadinya kondisi tersebut. Melansir laman Halodoc, berikut uraiannya:

Makan makanan pedas

Makanan pedas seperti cabai sampai paprika dapat mengiritasi tenggorokan. Sementara tenggorokan yang teriritasi ini bisa merangsang produksi lendir lalu akhirnya memperparah peradangan.

Begitu pula di waktu sahur, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang pedas. Makanan pedas juga bisa memicu naiknya refluks asam karena kandungan capsaicin-nya yang dapat mengiritasi esofagus.

Refluks asam

Kondisi ini juga bisa menyerang jika Anda makan makanan yang kadar asamnya tinggi seperti buah jeruk, lemon, atau anggur dan minuman yang mengandung buah-buahan ini.

Sebab, makanan asam dapat membuat asam di lambung naik ke kerongkongan, dan membuat tenggorokan menjadi sakit. Dengan kata lain, mengurangi makanan asam bisa mencegah asam lambung, sekaligus sakit tenggorokan.

Kurang minum air putih

Sakit tenggorokan juga dapat menjadi tanda bahwa Anda kekurangan cairan. Tubuhmu tidak bisa menghasilkan banyak air liur yang biasanya membasahi mulut dan tenggorokan.

Maka dari itu, penting untuk selalu memastikan asupan air putih tercukupi saat sahur dan buka puasa. Usahakan minum sebanyak 2 sampai 3 liter air sebelum puasa. Dimulai setiap harinya agar tenggorokanmu dalam kondisi yang sehat dan ibadahmu jadi tidak terganggu.

Konsumsi berlebihan makanan yang asin dan digoreng

Gorengan juga jadi salah satu hidangan yang umum ditemukan saat berbuka puasa. Tapi, teksturnya yang kasar dan asin dapat menjadi amplas yang mengiritasi tenggorokan. Apalagi jika sebelumnya sudah ada bakteri penyebab sakit yang menempel di tenggorokan.

Minum minuman manis dan bersoda

Minum manis dan bersoda yang sering disajikan saat berbuka puasa dapat menjadi penyebab peradangan. Sebab asam karbonat di dalamnya bisa mengiritasi jaringan-jaringan halus di tenggorokan.

Tak hanya itu, kandungan gulanya juga dapat membuat Anda dehidrasi yang akhirnya akan mengeringkan selaput lendir di tenggorokan. Kedua dampak inilah yang memicu rasa sakit sakit di tenggorokan.

Populer video

Berita lainnya