Catat Ya, Ini 5 Oleh-oleh Khas Jogja yang Wajib Dicoba

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic byYogyakartas

Jogja, kota istimewa yang tak hanya terkenal dengan pesonanya yang memesona, tapi juga dengan kelezatan kuliner khasnya. Saat kamu berkunjung ke Jogja, tak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khasnya. Berikut adalah 5 oleh-oleh yang wajib kamu coba:

1. Bakpia Pathok

Bakpia menjadi oleh-oleh favorit dari Jogja. Salah satu yang paling terkenal adalah Bakpia Pathok. Isiannya yang lembut dan manis dengan berbagai pilihan rasa seperti kacang hijau, cokelat, keju, dan lainnya membuatnya digemari banyak orang. Kamu bisa menemukan bakpia ini di sepanjang jalan Malioboro atau di sekitar kawasan Pathokan.

by paxel
by paxel

2. Gudeg

Gudeg adalah masakan khas Jogja yang tak boleh kamu lewatkan. Terbuat dari nangka muda yang dimasak bersama santan dan bumbu rempah, gudeg memiliki cita rasa manis yang khas. Biasanya disajikan dengan ayam kampung, telur, dan sambal krecek. Kamu bisa membeli gudeg kemasan dalam kaleng atau langsung membeli dari warung-warung di sekitar Jogja.

Resep Gudeg Jogja yang Sedap dan Legit | Endeus.TV
by EndusTV

3. Kerajinan Tangan

Selain kuliner, Jogja juga terkenal dengan kerajinan tangan yang unik dan indah. Mulai dari batik, wayang kulit, hingga kerajinan perak, Jogja memiliki banyak pilihan oleh-oleh berupa kerajinan tangan yang bisa kamu bawa pulang sebagai kenang-kenangan. Kamu bisa mendapatkan kerajinan tangan ini di berbagai pusat oleh-oleh di sekitar Jogja seperti di Jalan Malioboro atau di sekitar kawasan Kraton.

Pusat kerajinan jogja ada dimana aja ya gaess - Pixel Craft Jogja
by sibakul jogja

4. Kue Kipo

Kue Kipo adalah oleh-oleh khas Jogja yang terbuat dari adonan tepung ketan dengan isi gula aren dan parutan kelapa. Kue ini memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur yang kenyal. Biasanya dikemas dalam kemasan yang cantik, membuatnya cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di rumah.

Resep Kue Kipo khas Kotagede Yogyakarta oleh Wiwin088 - Cookpad
by cookpad

5. Wedang Uwuh

Jika kamu suka dengan minuman herbal, Wedang Uwuh adalah pilihan yang tepat. Minuman tradisional ini terbuat dari campuran rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, jahe, dan lainnya. Rasanya hangat dan aromanya sangat menggugah selera. Kamu bisa menemukan wedang uwuh di berbagai warung tradisional di Jogja.

Wedang uwuh Nusantara, Tradisi wedangan yang menyehatkan - Wedang Uwuh  Nusantara
by sibakul jogja

Itulah 5 oleh-oleh khas Jogja yang wajib kamu coba saat berkunjung ke kota ini. Selamat menikmati kelezatan Jogja dan jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga dan teman-temanmu!

Populer video

Berita lainnya