Ini Tips Agar Baterai Handphone Jadi Tahan Lama

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://unsplash.com/photos/silhouette-photo-of-person-holding-smartphone-pb_lF8VWaPU?utm_content=creditShareLink&utm_medium=referral&utm_source=unsplash

Gawai atau handphone adalah benda elektronik yang wajib dimiliki oleh setiap orang saat ini. Memiliki handphone membuat seseorang lebih mudah untuk berhubungan dengan yang lainnya. Adanya handphone juga menggantikan posisi telepon rumah, karen hand phone yang berurukan lebih fleksibel dan bisa dibawa ke mana-mana.

Handphone juga dapat dikatakan mengalami perkembangan pesat sejak awal kemunculannya. Kini dengan hanya menggunakan hand phone, banyak dari individu yang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien. Mengakses internet, membaca informasi, mengedit foto atau video dan bermedia sosial, semuanya dapat dilakukan dalam satu genggaman.

Ketika Anda memiliki handphone, Anda akan menggunakannya pada saat hand phone tersebut aktif dan memiliki daya baterai yang cukup. Baterai memang menjadi kunci utama dari aktifnya setiap handphone.

Memiliki baterai yang awet dan tahan lama adalah dambaan untuk semua pengguna hand phone. Dengan begitu, maka usia handphone pun akan lebih lama dan Anda tidak perlu harus bergegas mempersiapkan uang untuk mengganti yang baru.

Untuk memiliki baterai handphone yang awet dan tahan lama juga memerlukan kesadaran kita untuk merawatnya. Berikut adalah tips untuk mempertahankan baterai hand phone agar awet dan lebih lama.

  • Gunakan Charger Asli

Saat ini sudah marak beredar kasus banyak hand phone yang rusak akibat tidak menggunakan charger asli. Menggunakan charger palsu dapat membuat baterai hand phone menjadi tidak seoptimal pada saat baru membeli. Charger biasanya dirancang menyesuaikan dengan tipe handphone, jadi Anda sebaiknya menggunakan charger asli dari hand phone yang Anda gunakan.

  • Menggunakan Dark Mode

Kecanggihan handphone masa kini adalah terdapat fitur dark mode yang dapat kita hidupkan atau matikan, Fungsi dari fitur ini adalah meminimalisir cahaya dari hand phone pada saat penggunaan di ruang gelap. Menggunakan mode dark mode akan menghemat daya baterai hingga 47%.

  • Lakukan Pengisian Daya sebelum Baterai Habis Total

Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Mengisi daya sebelum baterai hand phone memberikan notifikasi lowbat, akan mempertahankan performa dari baterai tersebut. Anda dapat mengisi daya jika baterai handphone sudah mencapai angka 40% hingga 20%.

Populer video

Berita lainnya