Ini Harga Tiket Masuk Museum Vredeburg, Wisata Sejarah sambil Belanja Batik di Malioboro

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://vredeburg.id/

Malioboro menjadi salah satu tujuan wisata yang iconic di Yogyakarta. Kawasan Malioboro menjadi salah satu kawasan pusat pariwisata baik untuk turis domestik maupun mancanegara. Lokasinya yang sangat startegis, berdampingan dengan Stasiun Tugu, dan dekat dengan Keraton Yogyakarta, membuat kawasan ini selalu ramai turis.

Selain berbelanja batik di banyak toko sepanjang Jalan Malioboro, Anda juga dapat melakukan wisata sejarah dengan mengunjungi Museum Benteng Vredeburg. Museum ini terletak di deretan kawasan Malioboro. Jika Anda menyusuri Jalan Malioboro dari arah utara, maka museum ini terletak di sebelah selatan Pasar Bringharjo.

Museum ini diresmikan pada tahun 1992, yang jauh sebelum kemerdekaan, yakni sekitar tahun 1760, Benteng Vredeburg dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono atas permintaan Belanda.

Museum Benteng Vredeburg adalah museum khusus sejarah perjuangan nasional yang menjadi tujuan wisata seni, budaya dan ilmu pengetahuan. Museum ini terdiri atas empat ruang diorama, yang masing-masing diorama menceritakan sejarah perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia dan kaitannya dengan daerah Yogyakarta.

Seiring berjalannya waktu, hingga kini Muesum Benteng Vredeburg memiliki beberapa fasilitas baru yang lebih menekankan pada teknologi digital. Fasilitas baru tersebut diantaranya adalah ruang pengenalan atau mini studio, media interaktif, dan ruang pemutaran audio visual untuk pemutaran film perjuangan.

Mengenai harga tiket, Anda tidak perlu khawatir karena tergolong masih sangat terjangkau. Untuk wisatawan mansanegara dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,-. Sedangkan untuk wisatawan domestik dikenai biaya sebagai berikut:

Dewasa perorangan: Rp 3.000,-

Dewasa rombongan: Rp 2.000,-

Anak-anak perorangan: Rp 2.000,-

Anak-anak rombongan: Rp 1.000,-

Untuk waktu buka museum ini adalah dari pukul 07.30 – 16.00 setiap hari Selasa – Minggu. Museum ini tutup pada Hari Senin.

Jadi, jika Anda ingin melengkapi perjalanan wisata Anda di Yogyakarta, jangan lupa mampir ke Museum Benteng Vredeburg dan bersamaan dengan belanja batik di Kawasan Malioboro. Wisata bermanfaat yang sangat terjangkau bukan?

Populer video

Berita lainnya