Cara Mudah Menghilangkan Bau Badan yang Menyengat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Atasi Bau Badan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bau badan kerap menjadi masalah yang penderitanya merasa resah. Selain mengganggu penampilan, bau badan juga dapat menurunkan rasa percaya diri karena aroma basan yang menyengatq bisa tercium orang di sekitar.

Badan seringkali mengeluarkan aroma menyengat dan tak sedap usai seseorang melakukan aktivitas yang padat. Terutama menjalani kegiatan di bawah terik matahari, sehingga tubuh mengeluarkan banyak keringat.

Sebenarnya keringat yang keluar dari badan tidak mengeluarkan bau. Aroma tak sedap itu justri dipicu keberadaan bakteri yang hidup di bagian tubuh yang berkeringat. Beberapa bagian tubuh yang sering mengeluarkan keringat seperti lipatan-lipatan tubuh yakni ketiak, siku, tengkuk, dan lainnya.

Bagi Anda yang memiliki masalah bau badan tak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut uraiannya:

Mandi secara teratur

Cara mudah menghilangkan bau badan dengan mandi secara teratur. Upayakan mandi minimal 2 kali dalam sehari, yaitu di pagi dan malam hari. Selain itu, Anda juga bisa mandi setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat seperti usai berolaraga.

Pastikan Anda mandi dengan membersihkan badan secara menyeluruh agar menghilangkan kotoran serta bakteri-bakteri yang menempel.

Gunakan sabun antibakteri

Selain mandi secara teratur, Ansa bisa gunakan sabun antibakteri untuk menghilangkan bau badan yang menyengat. Membersihkan badan saat mandi menggunakan sabun antibakteri dapat membantu menghilangkan beberapa bakteri yang muncul dan menjadi penyebab bau badan.

Pakai deodorant yang sesuai

Deodorant merupakan salah satu produk yang dapat menutupi bau pada tubuh, salah satunya ketiak. Untuk menghilangkan bau badan yang menyengat, Anda bisa rutin menggunakan deodorant setiap selesai mandi.

Namun pastikan Anda memilih deodorant yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Selain itu, pastikan juga menggunakan deodorant dengan bahan-bahan yang aman untuk menghindari terjadinya iritasi di area sekitar ketiak.

Hindari makanan dan minuman yang memicu bau badan

Bau badan tak hanya disebabkan oleh bakteri-bakteri yang hidup di badan saat kita mengeluarkan keringat, namun juga bisa berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Apa yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi bau badan.

Beberapa makanan yang cenderung membuat badan menjadi mengeluarkan banyak keringat seperti makanan pedas, bawang merah, dan bawang putih bisa menjadi penyebab bau badan. Selain itu, batasi mengonsumsi minuman mengandung alkohol dan kafein, karena cenderung membuat badan menjadi lebih banyak berkeringat.

Gunakan Pakaian yang Sesuai dengan Aktivitas

Pastikan untuk menggunakan pakaian sesuai dengan aktivitas. Untuk kegiatan sehari-hari, pilihlah bahan alami seperti katun, wol dan sutra sehingga kulit dapat ‘bernapas’. Sementara untuk pakaian olahraga, Anda bisa memilih bahan sintetis yang dirancang untuk menyerap kelembapan dari kulit.

Populer video

Berita lainnya