Ketahui Cara Efektif Menghilangkan Gigi Hitam

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Veneer Gigi
Foto: IST

Celebrithink.com – Gigi umumnya berwarna putih kekuningan sampai putih keabu-abuan. Warna putih pada gigi berasal dari kalsium pada enamel gigi, yaitu lapisan luar gigi yang keras. Seiring bertambahnya usia, enamel atau pelindung gigi dapat menipis sehingga membuat gigi menjadi hitam.

Mengonsumsi kopi atau teh, penumpukan plak, merokok, atau kurang menjaga kebersihan mulut juga bisa menyebabkan gigi hitam. Agar gigi kembali ke warna aslinya, Anda dapat melakukan berbagai cara menghilangkan gigi hitam yang efektif. Melansir laman Alodokter, simak uraian berikut ini:

Mengoleskan stroberi

Asam malat dalam stroberi memiliki sifat pemutih alami, sehingga dapat membantu mencerahkan gigi hitam. Zat ini juga dapat meningkatkan produksi air liur yang berfungsi untuk melindungi gigi dari kerusakan.

Selain mengonsumsi stroberi secara langsung, Anda dapat mengolahnya menjadi pasta gigi sebagai cara menghilangkan gigi hitam.

Mengoleskan nanas

Selain stroberi, nanas juga mampu menghilangkan noda hitam pada gigi. Hal itu berkat kandungan enzim bromelain yang bisa menghancurkan plak pada gigi, sehingga memperbaiki warna gigi yang hitam.

Anda juga daapt mengoleskannya langsung ke gigi. Caranya, haluskan 1 buah nanas dan campurkan dengan baking soda sebanyak 1 sendok teh. Oleskan bahan tersebut pada gigi selama 10–20 menit kemudian bilas gigi hingga bersih.

Gosok gigi dengan baking soda

Pasta gigi yang mengandung baking soda umumnya lebih efektif dalam menghilangkan noda hitam pada gigi karena memiliki sifat pemutih alami. Selain itu, baking soda juga mampu membersihkan plak pada gigi dan mencegah serta mengobati radang gusi.

Caranya, campurkanlah 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air. Sikat gigi menggunakan campuran tersebut selama 1 menit dan berkumurlah dengan air bersih.

Gunakan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida merupakan zat pemutih yang memiliki sifat antibakteri dan dapat menghilangkan noda hitam di gigi. Zat ini biasanya terdapat dalam obat kumur atau pasta gigi.

Anda dapat mencampurkan zat tersebut dengan baking soda secukupnya. Lalu, oleskan campuran tersebut ke gigi dan diamkan selama 1 menit. Setelah itu, berkumurlah hingga bersih.

Scaling gigi

Anda dapat pergi ke dokter gigi untuk menjalani tindakan scaling ggi. Prosedur ini bertujuan untuk membersihkan plak atau karang gigi, sehingga noda hitam, kekuningan, atau kecoklatan di gigi menghilang.

Pemasangan crown gigi

Sebelum memasang crowngigi, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menyesuaikan cetakan crown dengan gigi. Bila ada kerusakan gigi atau terdapat risiko infeksi, dokter biasanya akan melakukan perawatan saluran akar gigi terlebih dahulu.

Setelah perawatan tersebut selesai, dokter akan mencetak crowngigi. Proses pencetakan biasanya selesai dalam waktu sekitar 2–3 minggu. Saat cetakan selesai, dokter akan memasangkan crowngigi ke gigi pasien.

Implan gigi

Pada prosedur ini, akar gigi buatan akan dipasang ke tulang rahang. Persiapan perawatan implan gigi dimulai dengan pemeriksaan kondisi gigi pasien oleh dokter.

Saat prosedur akan dilakukan, dokter membius pasien untuk mengurangi rasa sakit saat menjalani implan gigi. Setelah itu, dokter akan melakukan perawatan implan gigi untuk mengganti gigi yang rusak dan hitam.

Proses penyembuhan prosedur implan gigi sebagai cara menghilangkan gigi hitam umumnya membutuhkan waktu selama beberapa bulan.

Populer video

Berita lainnya