Anda Termasuk yang Mudah Marah? Begini Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Cepat Meredam Emosi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Maah merupakan respons alami tubuh atas situasi yang dianggap sebagai ancaman. Kondisi ini akan mengaktifkan sistem kardiovaskular hingga sistem saraf. Namun apabila marah terjadi terus-menerus, berlebihan, dan tidak terkendali, emosi ini tak lagi wajar dan perlu diwaspadai.

Ada berbagai hal yang memyebabkan sedeorang mudah marah. Mulai dari stres, depresi, gangguan bipola, penyalahgunaan minuma alkohol, hingga kondisi lapar dalam waktu lama.

Apabila mudah marah yang Anda rasakan bukan disebabkan oleh gangguan mental, ada beberapa cara untuk meredakannya. Melansir laman Alodokter, simak uraian berikut ini:

Lakukan teknik relaksasi

Beragam teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, ataupun menghirup aromaterapi, bisa menjadi cara menenangkan diri dari marah yang tak terkendali. Teknik ini bukan hanya tentang ketenangan pikiran, tetapi juga proses untuk mengurangi stres yang menjadi pemicu mudah marah.

Latihan pernapasan

Latihan pernapasan termasuk metode sederhana yang bisa dilakukan Dimana pun dan kapan pun. Cara sederhana ini terbukti dapat menenangkan dan meredam amarah dengan cepat.

Anda hanya perlu menarik napas dalam hingga rongga dada dan perut terisi seluruhnya oleh udara, lalu embuskan perlahan. Ulangi cara ini beberapa kali hingga kamu merasa lebih tenang.

Pahami alasan di balik kemarahan

Setelah merasa jauh lebih tenang, mulailah untuk memahami alasan di balik kemarahanmu. Setiap kemarahan mungkin disebabkan oleh masalah yang berbeda, sehingga Anda perlu solusi yang berbeda pula. Solusi yang tepat akan membuat masalah terselesaikan dengan baik dan emosimu pun akan jauh lebih terkontrol.

Ubah cara pikir

Salah satu alasan seseorang mudah marah adalah ekspektasi yang jauh dari realita. Jadi, mulai ubah cara berpikir tentang semua hal yang mungkin terjadi di kehidupan. Realita tak selalu menyedihkan, tetapi ekspektasi yang rasional perlu difokuskan.

Alih-alih tak rasional dan berpikir negatif, tanamkan dalam diri bahwa selalu ada dua kemungkinan dalam hidup, yakni berhasil atau gagal. Jadi, ubahlah sudut pandang terhadap sesuatu menjadi lebih positif dan siapkan rencana cadangan bila apa yang diinginkan tak sesuai dengan kenyataan.

Populer video

Berita lainnya