Cara Mudah Menghilangkan Bau Rambut di Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kenali Penyebab Rambut Lepek Berminyak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bau rambut membuat   penderita yang mengalaminya merasa tidak nyaman, karena dapat menurunkan rasa percaya diri. Apalagi bau rambut umumnya disertai rambut lepek atau berketombe, yang tentu membuat seseorang menjadi insecure.

Bau rambut biasanya disebabkan karena perubahan hormonal, polusi, keringat atau minyak berlebih, ketombe, infeksi jamur, dan pola makan tertentu.

Agar bau rambut berkurang, Anda dapat lakukan beberapa cara menghilangkannya. Melansir laman Alodokter, simak ulasan berikut ini.

Gunakan minyak rambut

Minyak rambut dapat Anda digunakan untuk memelihara kesehatan rambut, serta mengatasi berbagai masalah rambut, mulai dari bau rambut hingga rambut rontok. Selain itu, minyak ini juga bisa meningkatkan jumlah bakteri baik di kulit kepala, sehingga jamur dan ketombe pun berkurang.

Beberapa jenis minyak untuk mengatasi bau rambut adalah minyak kelapa, minyak kemiri, minyak zaitun, dan tea tree oil.

Rutin keramas

Salah satu cara menghilangkan bau rambut adalah menjaga kebersihan rambut. Caranya adalah dengan kermasa secara rutin 2 kali sehari. Cara ini mampu membersihkan rambut dari debu, asap, polusi, dan minyak atau keringat berlebih sehingga masalah rambut bau dan berketombe pun bisa teratasi.

Memakai aloe vera

Setelah keramas memakai sampo khusus, Anda bisa memanfaatkan aloe vera atau tanaman lidah buaya sebagai masker rambut guna mengatasi bau rambut. Ini karena aloe vera mengandung antibakteri dan antiradang, yang bisa menenangkan kulit kepala dan mengatasi penyebab bau rambut.

Perhatikan pola makan

Pola makan bisa saja menjadi penyebab rambut jadi bau, khususnya jika kamu gemar mengonsumsi makanan yang memiliki aroma kuat seperti bawang.

Anda bisa mulai memperhatikan makanan atau bumbu apa saja yang kamu konsumsi selama mengalami bau rambut. Setelah itu, kurangi atau hentikan konsumsi makanan tersebut, ya.

Gunakan topi

Saat beraktivitas di bawah terik sinar matahari, rambut dan kulit kepala akan lebih banyak berkeringat. Hal ini bisa membuat kepala dan rambut menjadi bau. Oleh karena itu, untuk mencegah munculnya bau rambut, gunakan topi saat beraktivitas di bawah terik matahari.

Segeralah mandi untuk mendinginkan kulit kepala dan membersihkan rambut, ketika selesai beraktivitas atau sesampainya di rumah.

Populer video

Berita lainnya