Tips Memilih Sabun Wajah untuk Pria

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bukan hanya wanita, pria juga membutuhkan perawatan untuk kulit wajah. Apalagi, pria lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, yang lebih mudah terpapar debu, sinar matahari dan polusi. Sehingga risiko untuk mengalami permasalahan kulit jadi lebih besar.

Namun perlu diingat, sabun yang dgunakan pria saat membersihkan wajah tentunya berbeda dengan wanita. Menggunakan sabun yang tepat diperlukan, agar minyak dan debu yang menempel di wajah dapat terangkat dengan baik.

Pria dianjurkan mencuci wajah secara rutin 2 kali sehari, agar kebersihan kulit terjaga. Wajah perlu dicuci di pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Melansir laman Alodokter, berikut ini hal yang harus diperhatikan pria saat memilih sabun wajah.

Berbahan lembut

Dianjurkan memilih sabun wajah pria yang berbahan kimia lembut dan juha bebas alkohol. Sabun jenis ini cenderung tidak menyebabkan iritasi dan kulit kering, sehingga ramah di kulit. Sabun wajah ini juga lebih cocok untuk pria yang memiliki kulit sensitif.

Bebas kandungan pewangi

Paatikan sabun wajah pria yang akan dibeli bebas dari kandungan pewangi. Sama halnya dengan alkohol, kandungan pewangi yang ada dalam sabun pembersih wajah mungkin untuk menyebabkan iritasi dan kulit kering, terlebih jika memiliki kulit yang sensitif.

Pilih yang non-comedogenic

Kulit pria cenderung mudah berjerawat karena kadar hormon testosteron di dalam tubuhnya cenderung lebih tinggi. Maka itu, untuk mencegah jerawat, sabun wajah yang digunakan sebaiknya berlabel non comedogenic.

Berarti sabun wajah pria itu mengandung bahan yang tidak menyumbat pori-pori, sehingga dapat meminimalkan jerawat dan komedo di wajah.

Pilih yang sesuai jenis kulit

Jika kulit Anda cenderung berminyak atau berjerawat, gunakan sabun wajah yang memuat kandungan asam salisilat, sulfur, clay, dan asam glikolat.

Sementara jika wajah tergolong kering dan sensitif, disarankan menggunakan sabun wajah yang dapat melembapkan kulit. Sabun wajah untuk jenis kulit ini biasanya memuat kandungan niacinamide, asam hialuronat, dan gliserin.

Coba sabun yang menggunakan scrub

Sabun ini bekerja sebagai eksfoliator untuk mengelupas kulit mati. Dengan begitu, sabun yang mengandung scru bisa mengangkat debu, minyak, dan komedo dengan lebih baik.

Tapi sabun jenis ini tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari. Jika kulit tergolong normal atau berminyak, sabun wajah pria dengan kandungan scrub, sebaiknya bisa digunakan sebanyak 2 atau 3 kali sehari. Sementara untuk kulit kering dan sensitif, cukup menggunakan rumah itu 1 kali seminggu.

Populer video

Berita lainnya