Tips Menguatkan Bonding Antara Ayah dan Anak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ayah ANak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ikatan emosional yang kuat antara orangtua dengan anak (bonding) sangat penting. Bukan hanya antara ibu dan anak, hal ini juga penting bagi sosok ayah. Apalagi, ayah mungkin jarang menghabiskan waktu bersama anak karena urusan pekerjaan.

Peran ayah terhadap anak terus berubah seiring waktu. Saat anak masih kecil, ayah hadir sebagai pelindung yang tanggung jawab. Ikatan ayah dan bayi pun tidak akan hilang begitu saja saat anak bertambah usia.

Apalagi, bonding yang kuat antara ayah dan anak memberikan banyak manfaat positif. Lantas bagaimana cara membangun bonding ayah dan anak? Melansir laman Hellosehat, ini penjelasan lengkapnya.

Jadi pendengar yang baik

Ketika anak masih kecil, penting bagi ayah untuk memberikan mereka arahan. Seiring waktu, anak akan menjadi lebih mandiri dan lugas, sehingga apa yang perlu ayah lakukan pun tentu akan berubah.

Ketimbang mengekang dan menceramahi anak, cobalah membangun bonding dengan berlatih mendengarkan apa yang mereka inginkan. Ini akan membantu anak menyampaikan keinginan atau keluh kesah yang mereka rasakan. Anak pun merasa lebih diperhatikan dan Anda juga lebih memahami apa yang mereka butuhkan.

Beri pujian

Saat anak bertambah besar, ibu sering memulai percakapan pribadi dan menawarkan dukungan maupun bantuan. Sementara kebanyakan ayah hanya melimpahkan urusan itu sepenuhnya pada ibu.

Perlu diketahui, anak membutuhkan tanggapan positif dari kedua orangtuanya. Jadi, tunjukkan rasa bangga Anda padanya lewat celotehan kecil sehari-hari. Memuji anak karena kecerdasan, kreativitas, atau kebaikannya akan membantu membangun dan mempertahankan kepercayaan diri anak.

Beri kejutan atau luangkan waktu bersama

Bonsing dan anak juga bisa semakin kuat lewat kejutan menyenangkan yang Anda berikan. Anda dan si kecil bisa berpergian ke tempat yang anak sukai. Hubungan ayah dan anak juga semakin terjalin erat jika ikut terlibat dalam hal-hal yang mereka minati.

Menunjukkan ketertarikan pada hal yang disukai anak tidak harus rumit. Anda bisa menunjukkan dengan cara sederhana seperti mendengarkan musik favoritnya bersama, menonton acara bersamanya, atau bersepeda bersama.

Tunjukkan rasa cinta secara fisik

Ketika anak masih kecil, sebagian besar ayah tak pernah berpikir dua kali untuk menggendong, mencium, atau memeluk anak. Tapi ketika anak bertambah besar, kasih sayang yang ditunjukkan secara fisik mungkin membuat Anda dan anak merasa canggung.

Padahal, menunjukkan kasih sayang bisa menjadi cara untuk menguatkan bonding ayah dan anak. Hal ini tidak selalu ditunjukkan dengan pelukan. Anda bisa memberikan tepukan di punggung, menggenggam tangan mereka, atau memberikan senyum kepadanya. 

Jadi panutan yang baik

Tunjukkan sikap lemah lembut, tidak berkata kasar, menghargai dan menghormati orang lain, sehingga anak akan lebih melekat pada Anda dan menganggap Anda sebagai panutannya.

Bonding yang kuat antara ayah dan anak tidak hanya sekadar meluangkan waktu untuk mereka. Namun Anda perlu tahu caranya memahami dan membimbing mereka menjadi pribadi yang lebih baik.

Populer video

Berita lainnya