Ketahui Kebiasaan yang Menyebabkan Sariawan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sariawan adalah luka kecil yang muncul pada mulut. Kondisi ini terjadi ketika jaringan halus lapisan mulut (selaput lendir) terkikis. Penyebab sariawan umumnya terjadi karena cedera atau tidak sengaja menggigit bagian dalam pipi.

Dalam kebanyakan kasus, sariawan tidaklah berbahaya. Kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya dalam 10 hingga 14 hari. Melansir laman Halodoc, berikut ini kebiasaan yang memicu munculnya sariawan.

Kebiasaan menggigit bibir

Kebiasaan menggigit bibir bisa menjadi penyebab sariawan. Aktivitas ini menyebabkan gesekan berlebihan dan trauma pada jaringan di area tersebut. Akhirnya, bibir jadi lecet dan muncul sariawan.

Sering minum kopi

Secangkir kopi bisa menyebabkan timbulnya sariawan di mulut. Sebab, kopi mengandung asam salisilat dalam jumlah tinggi, yang dapat mengiritasi gusi, pipi, dan lidah.

Sering konsumsi makanan asam

Meski kata akan vitamin C yang mendukung sistem kekebalan tubuh, jeruk mengandung jenis asam lain. Seperti halnya asam dalam kopi, asam sitrat juga dapat mengiritasi jaringan lunak di dalam mulut.

Kandungan tersebut bisa menyebabkan atau memperburuk sariawan yang sudah ada. Jadi, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan asam, seperti buah jeruk, jeruk bali, lemon, limau, dan nanas.

Konsumsi makanan pedas

Makanan yang mengandung cabai dan bumbu pedas lainnya dapat mengiritasi jaringan lunak di mulut. Jika kamu rentan terkena sariawan, sebaiknya batasi atau hindari jenis makanan ini.

Jarang konsumsi makanan mengandung vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 menjadi salah satu penyebab sariawan. Masalah ini rentan terjadi pada anak-anak.

Beberapa rekomendasi makanan dengan kandungan vitamin B12, yaitu kerang, kepiting, ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, daging sapi, susu dan yoghurt.

Populer video

Berita lainnya