Cara Cepat Hilangkan Komedo Hitam di Hidung

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Komedo hitam adalah salah satu ciri jerawat dan keluhan kulit yang umum terjadi. Komedo hitam muncul dengan bentuk titik-titik hitam kecil, yang sering terbentuk di sekitar hidung, tapi bisa juga muncul di tempat lain di tubuh. 

Komedo hitam sering kali menyebabkan orang tidak percaya diri. Itu sebabnya banyak orang yang ingin melakukan perawatan agar komedo hitam hilang. Melansir kaman Halodoc, berikut cara menghilangkan komedo hitam yang bisa Anda lakukan.

Cuci muka minimal 2 kali sehari

Rutin mencuci wajah membantu mencegah kotoran dan minyak menumpuk di pori-pori. Mencuci wajah adalah salah satu dari tiga langkah terpenting dalam rutinitas perawatan kulit untuk alasan yang baik. Membersihkan kulit secara teratur membantu menghilangkan kotoran, minyak, sel kulit mati, bakteri, atau riasan yang tertinggal di wajah.

Gunakan exfoliator

Asam kimia untuk pengelupasan atau chemical exfoliatoradalah cara yang lembut dan efektif memecahkan kulit mati dan berminyak, yang menyumbat pori-pori. Bahan yang digunakan dalam pengelupasan kimia melarutkan sel-sel kulit mati, sehingga mudah dibersihkan. 

Bahan-bahan yang digunakan biasanya asam alfa-hidroksi (AHA) seperti asam glikolat dan asam laktat serta asam beta-hidroksi (BHA), seperti asam salisilat yang dipercaya dapat mengurangi jumlah lesi jerawat termasuk juga menurunkan pertumbuhan komedo. 

Asam polihidroksi (PHA), seperti glukonolakton juga sedang populer digunakan. Semua bahan ini memiliki sifat pengelupasan yang mencegah kelebihan minyak dan kotoran agar tidak terperangkap dalam folikel.

Cuci muka setelah olahraga

Keringat berlebih bisa menyatu dengan kotoran bakteri, dan sel kulit mati, yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo hitam. Penting untuk mencuci muka sebelum dan setelah berolahraga atau aktivitas apa pun yang menyebabkan keringat berlebih.

Hati-hati gunakan produk strip pori

Produk strip pori-pori atau pore strip memakai perekat untuk merobek sel-sel kulit mati dan kotoran. Perlu diketahui, penggunaan produk ini sebenarnya agresif bagi kulit. Itu sebabnya masih banyak ahli yang pro dan kontra.

Bagaimana pun produk ini dijual bebas dan mudah dibeli. Jika ingin menggunakannya, ini hanya efektif untuk komedo baru. Jika memiliki komedo hitam yang sudah lama, sebaiknya  gunakan cara lain untuk mengatasinya.

Eksfoliasi wajah dengan physical exfoliator

Selain rutin mencuci muka, tambahkan beberapa pengelupasan kulit ke dalam rutinitas perawatan. Namun, pastikan memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

Anda dapat mencoba physical exfoliator untuk mengeksfoliasi wajah dari luar. Pengelupasan fisik menggunakan scrub untuk menghilangkan kotoran penyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Namun 8roduk ini mungkin akan keras untuk beberapa jenis kulit. Jadi, pastikan lakukan eksfoliasi fisik 1-2 kali seminggu.

Oleskan jeruk nipis ke hidung

Mengoleskan jeruk nipis ke hidung juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo hitam di hidung. Caranya adalah dengan mengoleskan daging jeruk nipis ke area hidung yang bermasalah lalu diamkan sejenak. Kemudian cuci dan bersihkan. Jeruk nipis dapat membantu menghilangkan minyak berlebih di area T wajah.

Populer video

Berita lainnya