Simak Cara Mengatasi Panu Hingga ke Akarnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Panu merupakan bercak kulit yang berwarna lebih terang, atau bisa juga lebih gelap daripada area kulit sekitarnya. Kondisi ini dapat terjadi pada kulit di area tubuh mana pun, baik pada punggung, dada, leher, lengan atas, dan wajah.

Panu disebabkan infeksi jamur Mallasezia di kulit. Misalnya pada kondisi kulit yang lembap, banyak berkeringat atau mengenakan baju yang  terlalu ketat, jamur bisa tumbuh dengan cepat.

Karenanya mengobati panu perlu dilakukan hingga tuntas, terutama membasi jamur yang menjadi penyebab panu itu sendiri. Melansir laman Alodokter, berikut cara bisa diakukan untuk menghilangkan panu.

Menggunakan cuka apel

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cuka apel bisa mengurangi gejala panu, seperti gatal, kemerahan, hingga kulit pecah-pecah. Pasalnya, cuka apel memiliki efek antijamur.

Namun, pengobatan panu yang diberikan dalam penelitian ini bukan hanya cuka apel, melainkan kombinasi dengan ketokonazol 2%. Oleh karena itu, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas cuka apel sebagai terapi untuk menghilangkan panu.

Mengoleskan lidah buaya

Lidah buaya memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk menghilangkan panu. Sebab, lidah buaya memiliki efek antijamur yang dapat melawan dan menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu.

Caranya, Anda hanya perlu memisahkan bagian kulit dengan daging lidah buaya. Selanjutnya, oleskan daging lidah buaya secara langsung ke area panu di kulit dan bilas dengan air setelah didiamkan selama beberapa saat.

Namun, tidak disarankan mengoleskan lidah buaya pada panu yang disertai luka terbuka, karena bisa memicu munculnya rasa perih atau gatal.

Mengoleskan minyak kelapa

Minyak kelapa juga memiliki sifat antijamur yang bisa menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu. Maka dari itu, mengoleskan minyak kelapa secara rutin ke kulit yang mengalami panu dipercaya menghilangkan panu sampai ke akarnya.

Menggunakan kunyit

Kunyit diketahui bisa meredakan kemerahan dan perubahan warna kulit akibat radang kulit atau eksim. Salah satu penelitian juga mengungkap adanya efek antijamur di kunyit. Manfaat ini bisa diperoleh dari ekstrak minyak kunyit yang mengandung ar-tumerone.

Menggunakan krim antijamur

Jika kelima cara di atas tidak berhasil menghilangkan panu sampai ke akarnya, sudah saatnya Anda menggunakan krim antijamur. Salah satu krim yang efektif menghilangkan panu sampai ke akarnya adalah yang mengandung clotrimazole.

Clotrimazoletermasuk antijamur golongan azole yang bekerja dengan cara merusak dinding sel jamur, sehingga pertumbuhan jamur dapat dihentikan.

Populer video

Berita lainnya