Catat! Ini Olahraga Peninggi Badan yang Bisa Anda Coba

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Berenang
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun sejumlah penilitian masih terus dilakukan guna melihat efektivitas faktor luar atau lingkungan terhadap penambahan tinggi badan. Di antaranya seperti nutrisi ibu selama kehamilan, asupan makanan setelah anak lahir, dan aktivitas yang dapat memengaruhi pertumbuhan tulang selama anak seperti olahraga.

Meski demikian, Anda yang tak memiliki faktor genetik postur tinggi dari orang tua bisa mencoba beberapa jenis olahraga peninggi badan. Apalagi olahraga dapat menjaga kebugaran jasmani dan menguatkan tulang. Melansir laman hellosehat, simak olahraga peninggi badan yang bisa Anda lakukan.

Basket

Olahraga ini mendorong seseorang untuk berlari dan melompat. Ketika tubuh berlari dan melompat secara konstan, lempeng epifisis yang terdiri atas sel-sel pertumbuhan tulang akan terstimulasi. Manfaat lari dan melompat ini akan melancarkan aliran darah ke dalam lempeng epifisis yang membantu merangsang pertumbuhan tulang hingga mencapai tinggi maksimal.

Berenang

Penelitian yang dilakukan pada anak usia 7-13 tahun menyebutkan bahwa berenang secara rutin selama 16 minggu memberikan hasil signifikan pada penambahan tinggi badan dan massa otot. Hal itu dikarenakan manfaat berenang membantu Anda untuk memperkuat tulang belakang tubuh dan membantu Anda untuk mencapai postur tubuh yang baik.

Dengan bergerak secara horizontal Anda telah melawan gravitasi. Ini berarti dada dan tubuh bagian atas Anda secara konstan melakukan peregangan dan kontraksi yang dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh bagian atas.

Bersepeda

Manfaat bersepeda tidak hanya membantu meningkatkan stamina, tapi juga berpotensi menambah tinggi badan Anda. Ketika bersepeda, tubuh bagian bawah melakukan tugas yang cukup berat dengan mengayuh. Nah, gerakan mengayuh ini dapat meningkatkan aliran darah pada lutut dan otot paha yang merangsang pertumbuhan.

Sepakbola

Olahraga ini dapat merangsang pertumbuhan tulang dan membantu untuk tumbuh lebih tinggi secara alami. Sama halnya dengan basket, sepakbola mengharuskan Anda berlari, yang berarti meregangkan otot lutut dan paha untuk mencapai tubuh yang tinggi.

Yoga

Yoga dapat memperkuat tulang dan sendi sehingga tubuh terasa jadi lebih lentur. Beberapa gerakan yoga seperti mountain pose, triangle pose, tree pose, Surya Namaskar, Adho Mukha Svanasana, Chakrasana, dan pose lainnya dapat membantu dalam membetulkan postur tubuh.

Lompat tali

Saat melakukan olahraga lompat tali (skipping rope), diharuskan untuk melompat dengan stabil. Melompat memanjang dapat membantu tubuh Anda untuk meregang dan berkontraksi sehingga merangsang lempeng epifisis dalam pertumbuhan tulang.

Populer video

Berita lainnya