Manfaat Antibiotik yang Perlu Diketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Membeli Obat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Antibiotik bekerja dengan membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel bakteri penyebab infeksi. Antibiotik minum tersedia dalam bentuk sirup suspensi, tablet, atau kapsul. Obat ini punya dosis dan durasi penggunaan khusus, tergantung pada tingkat keparahan pasien.

Manfaat antibiotik bisa didapat jika digunakan secara tepat pada penyakit infeksi bakteri di organ atau bagian tubuh tertentu, termasuk kulit, saluran napas, saluran pencernaan, hingga kelamin dan organ reproduksi.

Guna memahami lebih jauh manfaat antibiotik dalam mengobati berbagai jenis infeksi, berikut adalah penjelasan lengkapnya seperti dilansir dari laman Alodokter.

Mengatasi infeksi pada kulit

Kulit adalah lapisan pelindung pertama tubuh. Jika kulit terinfeksi bakteri, maka pemberian antibiotik menjadi pilihan untuk mengatasinya. Salah satu penyakit infeksi bakteri pada kulit adalah jerawat. Kemunculan jerawat bisa disebabkan infeksbakteri Propionibacterium acnes.

Manfaat antibiotik juga bisa didapatkan jika digunakan untuk mengatasi selulitis, kusta, dan impetiga. Jenis sediaan antibiotik umumnya digunakan untuk mengatasi berbagai infeksi bakteri pada kulit adalah antibiotik oral, seperti penisillin dan clyndamicin.

Mengatasi infeksi pada mata

Infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri bisa menyebabkan mata menjadi merah, gatal, belekan, dan selalu berair. Jika infeksinya berat dan mengenai lapisan mata yang lebih dalam, hal ini bisa mengganggu penglihatan.

Beberapa penyakit infeksi mata yang bisa diatasi antibiotik adalah sakit konjungtivitis dan leulitis Orrbita. Biasanya jenis sediaan antibiotik yang dipih untuk mengatasi penyakit infeksi mata adalah bentuk tetes mata..

Mengatasi infeksi pada saluran pernapasan

Saluran pernapasan dimulai dari hidung, tenggorokan, hingga paru-paru. Jika infeksi bakteri menyerang salah satu atau beberapa bagian dari saluran pernapasan, bisa muncul keluhan, mulai dari demam, batuk, hingga sulit bernapas.

Nah, manfaat antibiotik membantu mengobati infeksi bakteri yang terjadi di saluran pernapasan. Beberapa penyakit infeksi pada saluran pernapasan yang bisa diatasi dengan antibiotik adalah sinusitis, tuberkulosis, atau pneuymonia.

Mengatasi infeksi pada saluran pencernaan

Antibiotik misalnya tetracycline, memiliki manfaat untuk mengatasi infeksi bakteri di saluran pencernaan, dengan membunuh bakteri penyebab infeksi. Namun, penggunaan antibiotik untuk mengatasi infeksi saluran pencernaan harus dilakukan hati-hati.

Hal ini karena, pada sebagian kasus, bukannya membaik, pemberian antibiotik terkadang bisa memperburuk keluhan infeksi saluran pencernaan. Oleh sebab itu, obat ini harus digunakan sesuai dengan resep dokter.