Olahraga di Rumah, Lamukan Gerakan Ini untuk Membakar Lemak Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Olahraga
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Olahraga dapat dilakukan dimana saja, tanpa Anda harus datang ke pusat kebugaran atau gym. Olahraga di rumah misalnya, yang juga dapat membakar lemak  dan menyehatkan tubuh.

Perlu diingat, Anda sebaiknya melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga di rumah. Hal yang terkesan sepele ini, justru beguna untuk meningkatkan pernapasan dan detak jantung, serta meningkatkan aliran darah ke otot dan seluruh tubuh.

Selain itu, Anda perlu mengetahui langkah dan gerakan yang benar saat berolahraga, guna menghindari resiko cedera. Melansir laman Alodokter, simak penjelasan di bawah ini.

Rocket jumps

Posisikan tubuh berdiri dengan kaki melebar sejajar dengan pinggul. Letakkan tangan di atas paha sambil menekuk lutut, kemudian lompat dengan kedua lengan dan tangan diangkat lurus ke atas kepala. Saat melompat, posisikan tubuh tegak lurus dan lutut tidak menekuk.

Ulangi gerakan rocket jumps ini sebanyak 20 kali, terhitung sebagai 1 set. Di antara setnya, Anda bisa melakukan peregangan dengan jalan di tempat selama sekitar 40 detik.

Classic squat

Classic squat merupakan olahraga di rumah yang bisa Anda lakukan setelah gerakan rocket jumps. Untuk melakukan classic squat, Anda dapat mempraktekkan langkah-langkah berikut ini:

  • Posisikan tubuh berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar bahu.
  • Kencangkan perut dengan menariknya ke arah dalam dan busungkan dada. Lalu, posisikan kedua lengan dan tangan lurus ke depan dengan telapak tangan menghadap ke bawah.
  • Turunkan pinggul sambil mendorong bokong ke belakang, dengan gerakan seperti akan duduk, hingga posisi paha sejajar dengan lutut.
  • Kembali ke posisi awal dengan menekan tumit dan mendorong badan kembali ke atas. Ulangi rangkaian gerakan ini sebanyak 15

Chair dips

Gerakan olahraga yang satu ini memerlukan kursi yang kokoh. Pertama, duduklah di ujung depan kursi dengan kedua tangan memegang tepian kursi di samping pinggul.

Dengan bertumpu pada kedua tangan, geser bokong Anda ke depan kursi. Lalu, turunkan bokong hingga berada lebih rendah dari dudukan kursi, sambil menekuk siku hingga membentuk sudut 90 derajat. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

Burpees

Gerakan ini seperti gabungan antara push up dan squat juml. Berikut langkah-langkah melakukan burpees:

  • Mulailah dengan posisi jongkok dan telapak tangan menempel di lantai.
  • Ubah posisi Anda dan lakukan push up.
  • Kembalilah ke posisi awal, atau berjongkok, dengan gerakan
  • Loncat setinggi-tingginya dengan merentangkan kedua lengan ke atas, tanpa menekuk lutut.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali.

Populer video

Berita lainnya