Jangan Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Berat Badan Naik

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Berat Badan Naik
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin Anda sudah membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Namun ternyata, beberapa kebiasaan sehari-hari yang dianggap sepele, tanpa disadari justru dapat membuat berat badan Anda melonjak. Lantas kebiasaan apa saja itu? Melansir laman sehatQ, berikut penjelasannya.

Kurang tidur

Anda perlu tidur cukup untuk memulihkan kembali tubuh Anda setelah seharian beraktivitas. Kurang tidur sering dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Orang yang memiliki waktu tidur sedikit cenderung memiliki lemak tubuh yang lebih banyak. Hal ini berkaitan dengan metabolisme.

Sebuah penelitian dalam Environmental Health Perspectives menyatakan bahwa kurang tidur berhubungan dengan sindrom metabolik yang tidak hanya menyebabkan obesitas, tetapi juga penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Stres

Saat stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol lebih banyak. Hormon kortisol ini terbukti dapat meningkatkan rasa lapar dan membuat Anda makan makanan tinggi kalori. Itu sebabnya, saat stres ada orang yang melampiaskannya dengan makan makanan enak tinggi kalori. Hal inilah yang kemudian memicu penambahan berat badan.

Makan terlalu cepat

Kebiasaan makan cepat juga bisa membuat berat badan naik tanpa Anda sadari. Normalnya, tubuh membutuhkan waktu untuk memberi tahu otak bahwa Anda sudah kenyang. Jika Anda makan terlalu cepat, tubuh tidak sempat menginformasikan ke otak bahwa Anda sudah kenyang. Akibatnya, Anda akan makan lebih banyak.

Makan sambil menonton TV

Kebiasaan makan sambil menonton acara favorit di TV atau browsing internet, ternyata bisa memicu kenaikan berat badan. Penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa membagi fokus antara makanan dengan hal lain dapat memengaruhi asupan makanan.

Saat fokus Anda teralih pada hal lain, Anda bisa tanpa sadar makan lebih banyak. Itulah sebabnya, makan sambil menonton TV atau melakukan hal lain bisa membuat Anda makan lebih banyak dan meningkatkan berat badan.

Kurang minum

Kurang minum air putih juga dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Pasalnya, rasa haus akibat kurang minum bisa disalahartikan sebagai rasa lapar atau keinginan makan oleh tubuh. Ini bisa memicu Anda makan lebih banyak. Pastikan Anda mencukupi kebutuhan 8 gelas air sehari. Selain menghindari tubuh dari dehidrasi, air juga memiliki nol kalori sehingga tidak akan membuat Anda gemuk.

Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dikaitkan dengan gaya hidup sedentari (sedentary lifestyle) atau kurangnya gerak dan aktivitas fisik. Hal ini menjadi faktor risiko penumpukan lemak dan kegemukan.

Waktu makan yang tidak teratur

Waktu makan yang tidak teratur memengaruhi ritme jam internal tubuh. Jam internal tubuh ini membantu proses teratur dalam tubuh, seperti metabolisme, pencernaan, dan nafsu makan. Makan di waktu yang tidak teratur bisa memengaruhi ritme kerja jam internal tubuh. Selain itu, orang yang makan di waktu yang tidak teratur juga sering merasa lebih lapar sehingga akan makan lebih banyak.

Populer video

Berita lainnya