Ayo Ikutan Kerja Bakti! Ini Manfaatnya bagi Kesehatan dan Kehidupan Sosial Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Di Indonesia, kerja bakti sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan masyarakat. Aktivitas ini biasanya identik dengna bersih-bersih, seperti membersihkan lingkungan si sekitar tempat tinggal.

Tujuan kerja bakti sendiri guna menciptakan lingkungan yang bersih, asri, dan nyaman. Pelaksanaannya umumnya silakukan berkala, atau di waktu senggang seperti hari libur di akhir pekan.

Ternyata, selain berguna untuk kepentingan
masyarakat, kerja bakti juga bermanfaat bagi kesehatan dan kehidupan sosial. Lantas apa saja manfaatnya? Melansir laman Alodokter, simak penjelasan berikut ini.

Meningkatkan kebahagiaan

Setiap orang punya cara masing-masing untuk meraih kebahagiaa. Kerja bakti bisa menjadi salah satu kegiatan yang membantu Anda bersosialisasi dengan warga dan tetangga.

Dengan ngobrol, bertukar pikiran, sembari diiringi kegiatan bersih-bersih, bisa membantu melepas hormon endorfin dan dopamin. Lepasnya kedua hormon tersebut bisa memicu perasaan nyaman dan senang.

Meredakan stres

Kerja bakti bisa mengalihkan pikiran dari hal yang menyebabkan stres, dan menghilangkan rasa kesepian dan terisolasi. Tentunya hal itu dapat meredakan stres Anda.

Jika stres mampu dikelola dengan baik, risiko terkena depresi dan penyakit mental lainnya bisa menurun. Kaitan antara keikutsertaan kegiatan sosial dan penyakit mental bahkan sudah dibuktikan oleh banyak penelitian.

Membangun rasa empati dan syukur

Kegiatan ini bisa membuat Anda memahami dan menghargai bahwa setiap orang punya cerita unik dan cara masing-masing untuk hidup. Hal ini pun bisa meningkatkan rasa empati sekaligus rasa syukur pada dirimu.

Meningkatkan kreativitas

Saat kerja bakti, Ansa akan melakukan dan belajar hal-hal yang mungkin belum Anda kerjakan sebelumnya. Contohnya menanam tanaman, membentuk rumput dan memilah sampah. Makin sering ikut kegiatan sosial, makin banyak juga hal baru dan kreatif yang akan Anda lakukan.

Meningkatkan selfesteem

Ketika terlibat dalam kegiatan sosial, Anda bisa memberikan wujud nyata membantu membersihkan dan menghias lingkungan yang dapat dinikmati oleh orang lain. Hal ini bisa membuat Anda merasa puas dan percaya diri, sehingga selfesteem bisa ikut meningkat.

Menambah relasi pertemanan atau pekerjaan

Anda bisa membina hubungan baru atau mempererat hubungan dengan orang yang sudah dikenal dengan ikut kerja batkti. Walhasil, relasi pertemananmu lebih erat dan luas.

Bahkan, memperbanyak relasi juga akan berdampak langsung terhadap kesuksesan pekerjaan, terutama dalam hal pengembangan karir.

Mencegah tekanan darah rendah

Kerja bakti juga bisa dijadikan aktivitas fisik yang menyehatkan tubuh. Beraktivitas akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga gejala darah rendah tidak kambuh. Selain itu, pastikan juga Anda minum air lebih banyak untuk meningkatkan volume darah dan mencegah dehidrasi.

Populer video

Berita lainnya