Biasakan Berpikir Positif, Lakukan Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berpikir secara positif dapat mencegah risiko terserang berbagai penyakit. Bahkan sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa pasien yang berpikir positif lebih cepat sembuh dari penyakit yang diderita, daripada pasien yang menyerah dengan kondisi tersebut.

Pasalnya, pasien yang berpikir positif akan lebih tekun menjalani pengobatan. Mereka lebih semangat menjalani proses pemulihan. Sebaliknya, pasien yang berpikiran negatif cenderung tak patuh dengan rencana pengobatan yang direncanakan, sehingga lebih lama untuk sembuh.

Dengan berpikir positif, Anda akan tergerak untuk menyikapi segala situasi yang tengah dihadapi. Melansir laman Alodokter, berikut cara menciptakan pikiran yang positif.

Bicara pada diri sendiri

Berpikir positif dilakukan dengan cara membicarakan hal baik, dari kejadian yang sedang dihadapi, seperti memberi semangat kepada diri sendiri. Jika pikiran negatif mulai menghampiri, pikirkan hal-hal baik dari diri Anda. Sikapi hal buruk yang dialami dengan sikap optimis, dan jadikan hal tersebut sebagai pelajaran berharga.

Ambil sisi baik

Percaya  setiap kejadian buruk ada sisi baik atau hikmah yang bisa diambil. Agar berpikir positif lebih mudah dilakukan, tulislah hal-hal yang patut disyukuri. Anda bisa membaca kembali tulisan tersebut saat pikiran negatif muncul.

Ubah pola pikir

Saat peritiwa buruk atau kegagalan menghampiri, jangan anggap kondisi itu telah menghancurkan hidup Anda. Ubah pola pikir menjadi lebih positif dengan menganggap kegagalan bagian dari pembelajaran hidup. Anda dapat memperbaiki semuanya dan kembali menjalani hidup dengan lebih baik.

Tentukan apa yang perlu diubah

Agar dapat menjadi lebih optimis dan berpikir positif, kenali apa yang menyebabkan pikiran negatif muncul. Setelahnya, upayakan untuk memperbaiki hal tersebut dengan cara yang lebih positif. Lalu, tentukan apa saja yang perlu Anda ubah demi mencapai hidup yang lebih positif dan bahagia.

Berteman dengan orang-orang positif

Lingkungan memengaruhi pola pikir Anda. Maka itu, bertemanlah dengan orang-orang yang suka berpikir positif. Hal ini dapat mendukung Anda untuk mengembangkan diri, serta memberi inspirasi sekaligus motivasi dalam menjalani kehidupan.

Tersenyum dan tertawa

Tetaplah tertawa dan tersenyum meskipun sedang dalam keadaan yang sulit. Temukan kejadian sehari-hari yang patut ditertawai atau tontonlah tayangan yang membuat Anda terhibur. Cara ini dapat mengurangi stres.



Populer video

Berita lainnya