Ketahui Urutan Skinecare Pagi yang Benar

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Efek Samping Skincare
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Melakukan perawatan kulit sangat penting guna menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Di samping itu, perlunya mengetahui langkah-langkah yang benar dalam melakukan perawatan kulit, misalnya di pagi hari.

Rutintas perawatan kulit dasat mempunyai langkah-langkah, tergantung pada kebutuhan dan jenis kulit yang dimiliki. Rutinitas itu bisa meliputi menghapus riasan, membersihkan wajah, menggunakan tabir surya, hingga mengoleskan pelembap.

Lantas apa saja urutan skincare lagi yang benar? Melansir laman halodoc, simak penjelasan berikut ini, agar perawatan yang Anda lakukan mendapatkan hasil maksimal.

Bersihkan wajah

Langkah pertama yakni membersihkan wajah dengan pembersih yang lembut. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Aplikasikan pembersih dengan lembut ke seluruh bagian wajah, lalu bilas dengan air hangat.

Aplikasikan toner untuk skincare

Setelah membersihkan wajah, langkah selanjutnya mengaplikasiikan toner. Hal ini dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang tersisa setelah membersihkan wajah.

Di samping itu, toner juga dapat membantu menyegarkan dan menyeimbangkan pH kulit.

Serum atau essence

Pilih serum atau essence yang mengandung bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Di antaranya vitamin C pencerah kulit, asam hialuronat yang melembapkan, atau peptida yang memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit. 

Oleskan serum atau essence dengan lembut ke wajah dan leher, lalu biarkan terserap sepenuhnya sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Pelembap

Pilih pelembap yang cocok dengan jenis kulit, apakah itu pelembap khusus untuk kulit kering, berminyak, atau kombinasi. Oleskan pelembap secara merata ke seluruh wajah dan leher dengan gerakan memijat lembut.

Tabir surya

Langkah terakhir adalah melindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya. Sebab, paparan sinar UV dapat menyebabkan penuaan dan kerusakan kulit serta meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. 

Jangan lupa, pilih tabir surya dengan SPF yang sesuai dengan kebutuhan kulit, minimal SPF 30 Aplikasikan secara merata pada wajah, leher, dan area yang terpapar sinar matahari.

Populer video

Berita lainnya