Tips Ampuh Mengatasi Demam Panggung

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Takut Hantu
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Rasa cemas atau takut ketikta tampil di depan banyak orang, wajar dialami siapa saja. Terlebih ketika Anda dipercaya sebagai pembicara. Kondisi ini biasanya lebih kita kenal dengan sebutan demam panggung.

Bukan hanya di situasi nyata, demam panggung juga bisa dialami sebagian orang hanya dengan membayangkan tampil di depan sekelompok orang. Pada kasus yang berat, demam panggung dianggap sebagai glossophobia, yaitu jenis fobia sosial, yang membuat penderitanya selalu takut secara berlebihan saat tampil di depan banyak orang.

Gejala demam panggung bisa muncul saat seseorang menjadi pusat perhatian atau saat semua mata tertuju padanya. Biasanya orang yang mengalaminya akan merasakan pusing, mulut kering, tangan san lutut gemetar, keringat dingin, mual, hingga perasaan tak nyaman di perut.

Demam panggung perlu diatasi agar tidak mengganggu penampilan. Melansir laman halodoc, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Mempersiapkan diri dengan banyak latihan

Agar tampil percaya diri dan mengurangi gejala demam panggung, penting untuk mempersiapkan diri dengan melakukan banyak latihan. Berlatihlah terlebih dahulu di depan cermin atau buatlah catatan pada kertas kecil sebagai panduan.

Meski situasinya berbeda saat di panggung, setidaknya Anda bisa lebih memahami tema pidato dan tidak gugup saat berbicara.

Mengonsumsi makanan yang tepat sebelum tampil

Memerhatikan asupan makanan sebelum tampil juga penting dilakukan. Pasalnya, tanpa disadari makanan bisa memberikan rasa nyaman saat seseorang merasa tertekan.

Anda bisa konsumsi makanan bergizi yang tidak bertepung, seperti yoghurt, kacang hijau, brokoli, tomat, selada, atau mentimun. Selain itu, perlu membatasi asupan kafein dan gula pada hari ketika Anda harus tampil, karena asupan ini bisa memperburuk gejala kecemasan.

Mengalihkan rasa takut

Untuk mengalihkan rasa takut yang muncul karena demam panggung, cobalah menutup mata sebelum tampil, bayangkan hal-hal positif, dan sebisa mungkin hindari pikiran negatif yang hanya menimbulkan rasa ragu pada diri sendiri.

Tanamkan pada pikiran bahwa tidak ada orang yang sempurna, dan tidak ada yang mengharapkan Anda menjadi sempurna, tidak apa-apa bila membuat kesalahan, dan melakukan kesalahan bukan berarti menjadi akhir dari segalanya.

Latihan pernapasan

Untuk melakukannya, tutuplah mata dan embuskan napas secara perlahan, lalu berhenti selama 10 detik dan tarik napas panjang. Hirup udara sebanyak mungkin melalui hidung dan embuskan melalui mulut.

Lakukan hingga Anda merasa lebih rileks. Anda bisa melakukan teknik ini setiap akan berbicara di depan orang banyak.

Menggerakkan tubuh

Anda bisa mengatasi demam panggung dengan menggerakkan tubuh sebelum tampil, misalnya berjalan, melompat atau meregangkan tangan dan kaki. Hal ini bisa membuat tubuh rileks dan menghilangkan rasa cemas yang muncul.














Populer video

Berita lainnya