Tips Mengonsumsi Coklat yang Tepat Agar Gigi tidak Rusak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Coklat merupakan makanan yang sangat disukai oleh banyak orang. Terlebih anak-anak, yang sangat menyukai coklat karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut. Hanya saja, coklat juga memiliki kandungan gula yang tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya tidak mengonsumsinya berlebihan. Sebab, mengonsumsi makanan ini secara berlebihan dapat merusak gigi. Melansir laman halodoc, berikut tips mengonsumsi coklat yang tepat.

Pilih coklat gelap

Coklat gelap atau dark chocolate cenderung memiliki kandungan gula yang lebih rendah daripada coklat susu atau putih. Pilihlah coklat gelap dengan kandungan kakao minimal 70% atau lebih tinggi. Kakao memiliki senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi.

Konsumsi dengan bijak

Penting untuk mengonsumsi makanan ini dengan bijak dan dalam jumlah yang wajar. Hindari mengonsumsinya secara berlebihan dan berulang kali dalam sehari. Batasi konsumsi coklat sebagai camilan sekali-sekali atau dalam jumlah yang terkontrol.

Hindari coklat yang mengandung tepung

Sebagian coklat yang dijual di pasaran mengandung tepung yang dapat menempel pada gigi dan meningkatkan risiko kerusakan gigi. Pastikan untuk membaca label dengan teliti sebelum membelinya. Selain itu, hindari yang mengandung tepung atau bahan tambahan lain yang berpotensi merusak gigi.

Sikat gigi setelah mengonsumsi coklat

Segera sikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride setelah mengonsumsi coklat. Fluoride dapat membantu menguatkan gigi dan mencegah terbentuknya plak. Jika tidak memungkinkan untuk sikat gigi, berkumur dengan air bersih setidaknya dapat membantu mengurangi sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi.

Populer video

Berita lainnya