Ketahui Manfaat Rutin Minum Rebusan Kunyit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Kunyit dikenal sebagai bumbu masakan yang dapat menguatkan rasa dan memberikan tampilan menarik pada masakan. Nah, selain itu, kunyit juga memiliki manfaat yang lain terlebih untuk kesehatan.

Mengonsumsi air rebusan kunyit atau menjadikan kunyit sebagai campuran teh, menjadi salah satu cara terbaik untuk bisa mendapatkan banyak manfaat kunyit. Lantas apa saja manfaat dari kunyit? Melansir laman halodoc, berikut beberapa manfaat kunyit yang menarik untuk diketahui.

Membantu mengurangi gejala arthritis

Sebagai rempah dengan kandungan antiinflamasi, kunyit bisa membantu meredakan gejala arthritis. Itulah sebabnya, biasanya para lansia dianjurkan untuk mengonsumsi air kunyit untuk meredakan gejala radang sendi.

Membantu meningkatkan fungsi imunitas tubuh

Selain itu, kunyit juga menjadi salah satu bahan alami yang efektif untuk membantu meningkatkan fungsi imunitas tubuh. Hal ini berkat kandungan antioksidan, antivirus, antiinflamasi, dan antibakteri yang dimilikinya.

Mengurangi risiko komplikasi akibat masalah kardiovaskular

Kunyit diyakini memiliki khasiat untuk menunjang kesehatan organ jantung karena sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dipunyainya. Mengonsumsi sebanyak 4 gram kunyit setiap hari selama sekitar tiga hari sebelum, dan lima hari sesudah menjalani operasi bypass arteri koroner, bisa mengurangi risiko serangan jantung atau infark miokard akut hingga sebesar 17 persen.

Bersifat antikanker

Salah satu sifat terapeutik dari kunyit adalah manfaatnya sebagai zat antikanker. Sebagai rempah dengan kandungan antiradang dan antioksidan, kunyit dianggap mampu menurunkan risiko terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh sekaligus mencegah terjadinya mutasi sel menjadi kanker.

Tak hanya itu, rempah ini juga punya manfaat antitumor dengan cara membatasi pertumbuhan tumor dan penyebaran dari sel kanker. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait khasiat kunyit dan penyakit kanker.

Membantu mengendalikan sindrom iritasi pada usus besar

Kunyit sudah lama dipakai sebagai salah satu obat herbal dan tradisional. Salah satunya untuk berbagai masalah kesehatan yang terjadi pada sistem dan saluran pencernaan. Nah, contohnya kunyit dapat membantu mengelola rasa nyeri yang muncul saat mengalami sindrom iritasi usus besar atau IBS.

Baik untuk pengidap Alzheimer

Manfaat kunyit lainnya yaitu mengurangi kemungkinan munculnya masalah neurodegeneratif. Manfaat antiradang dan antioksidannya dianggap mampu mengurangi terjadinya peradangan, kerusakan sel, dan endapan atau plak amiloid yang umum terjadi pada pengidap Alzheimer.

Selain itu, mengonsumsi kunyit juga membantu memperlambat bahkan mencegah terjadinya perubahan protein yang berhubungan dengan masalah neurodegeneratif.

Melindungi organ hati

Kunyit juga membantu melindungi dan menjaga kesehatan organ hati. Potensi khasiat kunyit pada organ hati dan empedu termasuk membantu meningkatkan produksi cairan empedu pada pencernaan. Kunyit juga mampu membantu melindungi sel pada organ hati dari risiko kerusakan akibat paparan senyawa kimia yang berkaitan dengan empedu.

Mengelola dan mencegah diabetes

Pengobatan tradisional sudah lama memakai kunyit sebagai salah satu bahan alami untuk membantu mengelola dan mencegah terjadinya penyakit diabetes. Suplementasi yang mengandung kunyit diyakini memiliki kandungan antidiabetes.

Populer video

Berita lainnya