Tips Menahan Emosi Saat Terjebak Macet di Jalan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar, macet mungkin sudah menjadi rutinitas sehari-hari yang dilalui setiap beraktivitas di luar rumah. Terlebih ketika sedang terburu-buru ke suatu tempat. Tak jarang kondisi ini dapat memicu emosi dan kemarahan.

Alhasil, manuver mengemudi yang tidak sopan hingga membuat kesalahan menjadi hal yang tak terelakkan. Padahal, ada orang lain juga memiliki prioritas berbeda. Nah, ada beberapa tips yang dapat dicoba untuk menahan emosi saat terjebak macet di jalan. Melansir laman halodoc, simak penjelasan berikut ini.

Lakukan Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan dapat membantu membersihkan tubuh dari udara stagnan dan energi pengap. Ini membuat darah lebih teroksigenasi dan melepaskan ketegangan. Berfokus pada pernapasan membawa perhatian kamu ke dalam dan membuat frustrasi mereda, tanpa mengalihkan fokus terlalu jauh dari jalan.

Mendengarkan Musik

Tips lainnya menahan emosi saat macet-macetan di jalan adalah mendengarkan musik, podcast lucu atau hal lainnya yang bisa menghibur. Mendengarkan sesuatu dapat memberikan distraksi ringan, yang dapat membuat perjalanan cukup menyenangkan.

Relaksasi

Berlatih relaksasi otot progresif dan relaksasi otot dalam juga bisa jadi tips tahan emosi yang efektif. Teknik-teknik ini akan membantu melepaskan ketegangan dengan cepat, bahkan saat duduk di dalam mobil. Ini akan membantu Anda merasa lebih rileks secara fisik dan emosional.

Alihkan Pikiran

Mengalihkan pikiran pada hal-hal lain juga menjadi tips menahan emosi saat terjebak kemacetan. Misalnya menghitung jumlah kendaraan berwarna merah di jalanan, atau melihat pergerakan awan di langit. Namun, Amda harus tetap hati-hati dan fokus saat berkendara.

Atur Waktu dengan Baik

Emosi dan kemarahan di jalan bisa terjadi karena terjebak macet, ketika buru-buru menuju ke suatu tempat. Karenanya, Anda perlu mengatur waktu dengan lebih baik lagi. Jika ingin pergi ke suatu tempat yang cukup jauh, atau aksesnya sering macet, berangkatlah lebih awal.

Rutin Olahraga

Olahraga dapat membantu otak mengatasi faktor stres dengan lebih baik, karena aktivitas fisik menghasilkan endorfin. Ketika tubuh merasa baik, begitu juga pikiran. Selain itu, olahraga juga akan membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan konsentrasi serta kewaspadaan.

Populer video

Berita lainnya