Ini Bahan Herbal untuk Perawatan Rambut, Dijamin Nggak Bikin Kantong Bolong!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Menyisir Rambut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang tentu ingin memiliki rambut sehat dan berkliau, terutama bagi para perempuan. Hanya saja, untuk sekali perawatan rambut di salon terbilang tidak murah. Terlebih jika Anda menggunakan treatment-treatment tertentu.

Ternyata, ada lho bahan alami yang sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan rambut. Tak hanya menghemat biaya, perawatan rambut dengan bahan alami tentunya lebih aman daripada memakai produk dengan kandungan kimia yang cenderung keras. Melansir laman halodoc, berikut beberapa bahan herbal yang bisa Anda coba.

Minyak Zaitun

Minyak ini memiliki manfaat untuk membantu membuat rambut lebih lembap dan lembut. Ini karena kandungan pelembap alami dalam minyak zaitun yang bisa meresap lebih baik dalam batang rambut, sehingga rambut menjadi lebih lembut dan kuat.

Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk rambut cukup dengan mengoleskan pada akar rambut dan bagian batangnya. Lalu, bungkus rambut dengan handuk atau plastik, diamkan selama sekitar 15 menit. Kemudian, cucilah rambut sampai bersih.

Minyak kelapa

Risih dengan rambutrontok, rusak, dan kering sehingga membuat tidak percaya diri? Coba gunakan minyak kelapa untuk membantu mengatasinya. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang bisa menyerap pada bagian batang rambut.

Minyak ini juga memberikan nutrisi pada rambut yang mengalami kerusakan karena prosedur tertentu, misalnya pewarnaan rambut berulang kali atau menggunakan pengering rambut yang membuat rambut menjadi lebih mudah kering dan patah.

Caranya cukup oleskan minyak kelapa secukupnya pada bagian batang rambut ketika malam hari. Lalu, biarkan hingga esok paginya. Tutup kepala dengan handuk atau plastik sehingga rambut yang berminyak tidak menempel pada bantal. Lalu cucilah rambut sampai bersih keesokan harinya.

Lidah buaya

Bahan alami ini dapat membantu menguatkan, melembapkan, dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Bahkan, lidah buaya juga menjadi bahan alami yang efektif untuk masalah rambut rontok, kulit kepala berminyak, dan ketombe.

Caranya, ambil bagian dalam atau daging buah dari tanaman lidah buaya. Lalu, blender hingga halus tanpa menambahkan air. Setelah itu, tuang pada wadah dan gunakan sebagai masker rambut alami. Biarkan selama 5 menit dalam balutan handuk yang sudah kamu rendam dalam air hangat. Terakhir, bilas rambut sampai bersih.

Minyak rosemary

Anda bisa menggunakan minyak rosemary atau lavender untuk membantu melebatkan rambut. Kedua jenis minyak ini memiliki kandungan antioksidan yang bisa menstimulasi pertumbuhan rambut. Namun perli diingat, pemakaian minyak ini juga memicu reaksi alergi untuk orang-orang tertentu.

Populer video

Berita lainnya