Ini Manfaat Rutin Mengonsumsi Buah Melon

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki nama latin Cucumis melo L, buah melon memiliki banyak varian, salah satunya melon jingga atau yang bisa juga disebut dengan cantaloupe. Buah ini memiliki nutrisi yang lebih beragam ketimbang buah lainnya. Salah satu kandungannya adalah air.

Jumlahnya air yang terkandung dalam sebuah melon berkisar 90 persen yang berasal dari daging buahnya. Adapun nutrisi lainnya, yakni energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalium, besi, fosfor, kalsium, dan natrium. Lantas apa saja manfaat mengonsumsi buah melon? Melansir laman halodoc, simak penjelasan berikut ini.

Mencegah dehidrasi

Dehidrasi adalah gangguan yang ditandai dengan sakit kepala, bibir kering, penurunan frekuensi buang air kecil, dan kelelahan. Masalah tersebut terjadi akibat tubuh kekurangan cairan, sehingga tidak mampu menjalankan fungsinya.

Dengan kandungan 90 persen air di dalamnya, buah melon efektif membantu mengatasi gejala dehidrasi. Berbagai mineral di dalamnya juga membantu mengembalikan elektrolit dalam tubuh.

Memenuhi gizi ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan nutrisi berupa vitamin dan mineral lebih tinggi dari biasanya. Di dalam buah melon mengandung kalium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Manfaat buah melon juga didukung oleh asupan vitamin C yang bekerja dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Dengan begitu, mereka tidak akan gampang terserang penyakit yang berisiko membahayakan janin.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat buah melon bagi pencernaan terjadi berkat kandungan serat dan air di dalamnya. Kombinasi kedua asupan tersebut membuat feses berisi dan bertekstur lunak, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Meski kandungan seratnya tidak setinggi buah yang lain, buah melon justru baik dikonsumsi oleh orang yang belum terbiasa mengonsumsi serat. Sedikit demi sedikit, pencernaan mereka akan terbiasa buang air besar secara teratur.

Menurunkan tekanan darah

Natrium dan kalium di dalam makanan sehat ini dapat menurunkan sekaligus menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Manfaat ini mampu mendukung kinerja jantung, sehingga kamu bisa terhindar dari penyakit jantung.

Pada pemilik darah rendah, natrium di dalam melon bekerja dengan mengikat cairan dan menambah volume darah. Sementara pada pengidap darah tinggi, kalium di dalamnya dapat membantu menyeimbangkan jumlah volume darah.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah melon ini terjadi karena kandungan vitamin C di dalamnya. Nutrisi tersebut mampu mempercepat perpindahan sel-sel kekebalan tubuh ke area infeksi, dan merangsang sel untuk memakan patogen penyebab penyakit. Meski menyehatkan, Anda tidak boleh mengonsumsi buah melon secara berlebihan.

Populer video

Berita lainnya