Peran yang Perlu Dilakukan Ayah Guna Menjaga Keharmonisan Keluarga

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Aktifitas Bersama Keluarga
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pola asuh ayah penting dalam menjaga keharmonisan keluarga. Meski sering berada di luar rumah karena bekerja, beberapa anak cenderung meneladani sikap ayahnya dibandingkan ibunya. Melansir laman halodoc, simak peran yang perlu dilakukan untuk menjadi ayah yang baik.

Perlakukan Anak dengan Kasih Sayang

Saat orangtua memperlakukan anak dengan kasar, anak akan sulit belajar tentang kedisiplinan. Ketika diperlakukan dengan kasih sayang disertai batasan yang tegas, Si Kecil dapat menetapkan hal tersebut di masa depan untuk dirinya sendiri.

Habiskan Waktu Bersama Anak

Saat seorang ayah terlalu sibuk bekerja sehingga tidak memiliki waktu bersama anak, ikatan yang diciptakan tentu tidak erat. Tanpa disadari, petumbuhan anak yang cepat akan menimbulkan rasa penyesalan jika tidak memiliki hubungan yang dekat bersama anak.

Menjadi Panutan Anak

Ayah tentu saja menjadi salah satu panutan bagi anak-anaknya. Seorang ayah juga mengajari sesuatu yang penting dalam hidup dengan cara menunjukkannya. Beberapa sikap yang perlu diajari dan diberikan contoh adalah kejujuran, kerendahan hati, serta bertanggung jawab.

Menjadi Pendengar yang Baik

Para ayah perlu meluangkan waktu untuk mendengarkan anaknya saat menceritakan harinya. Dengan cara ini, anak menjadi lebih terbuka, bahkan untuk menceritakan berbagai keluh-kesah yang dirasakannya.

Menghormati Pasangan

Sebagai kepala keluarga, ayah tentu juga harus menghormati pasangannya dan menunjukkannya pada anak. Hal ini dapat memberikan lingkungan yang aman bagi anak-anak. Saat pemandangan ini dilihat anak, dirinya juga merasa diterima dan dihormati sebagai anak.

Populer video

Berita lainnya