Ini Manfaat Kopi untuk Kulit yang Sayang Jika Dilewatkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Biji Kopi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tak hanya menyegarkan, kopi nyatanya juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Tak heran jika banyak produk kecantikan kulit yang menambahkan kopi, karena komposisi yang terkandung di dalamnya.

Kopi mengandung kafein dan beragam mineral, seperti natrium, kalium, magnesium, fosfor, folat, mangan, dan kolin. Selain itu, di dalam kopi juga terkandung antioksidan polifenol dan hanya memiliki sedikit kalori. Melansir laman alodokter, berikut manfaat kopi untuk kulit jika digunakan secara rutin.

Mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas

Paparan sinar matahari serta polusi udara, seperti asap rokok dan kendaraan, yang berlebihan dapat membuat kulit menjadi rusak. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung kopi. Kandungan polifenol pada kopi diketahui mampu mencegah efek radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Mencegah penuaan dini

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kopi mengandung kafein, asam klorogenat (CGA), dan melanoidin yang memiliki efek antioksidan serta anti-aging. Kafein pada kopi juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan meningkatkan aliran darah di kulit. Kedua hal ini bisa membuat wajah tampak awet muda.

Meredakan peradangan kulit

Rutin menggunakan krim yang mengandung ekstrak kopi dapat membantu meredakan peradangan kulit akibat penyakit eksim dan rosacea. Manfaat ini berkat kandungan asam klorogenat dan melanoidin di dalam kopi.

Mengurangi selulit

Bagi yang memiliki masalah selulit, Anda bisa mengatasi keluhan ini dengan menggunakan krim dengan ekstrak kopi. Nutrisi yang terkandung pada kopi dapat merangsang enzim yang bertugas untuk memecah lemak. Hal ini akan membuat kulit menjadi lebih halus dan mengurangi selulit.

Mengurangi mata panda

Bagi yang memiliki mata panda, cobalah pakai produk yang mengandung kopi. Nutrisi pada kopi dapat membantu melancarkan aliran darah di kulit, sehingga bisa mengurangi warna gelap pada mata panda.

Populer video

Berita lainnya